Berita Kesehatan
Manfaat Siwak bagi Kesehatan Gigi dan Mulut yang Perlu Diketahui
Jumat, 23 Mar 2018 15:38:32

Kesehatan gigi memang perlu dijaga untuk mencegah berbagai permasalahan gigi dan mulut. Dan salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan cara tradisional, seperti menggunakan siwak. Siwak adalah sebuah ranting atau akar dari pohon arak yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat Timur Tengah untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut sejak dulu. Berikut beberapa manfaat siwak bagi kesehatan gigi yang perlu diketahui.


1. Membunuh bakteri


Salah satu penyebab utama dari permasalahan di gigi dan rongga mulutadalah bakteri. Bakteri di rongga mulut memang jumlahnya sangat banyak. Bakteri ini akan terus menerus berkembang biak dan menyebabkan berbagai permasalahan. Ternyata siwak adalah salah satu bahan alami yang bisa membantu membunuh bakteri di dalam rongga mulut. Hal ini juga dibuktikan pada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa mint yang ditambah dengan ekstrak siwak bisa lebih efektif dalam membunuh bakteri hingga 20 kali lebih efektif jika dibandingkan dengan mint biasa.


2. Mengurangi plak


Bukan hanya membunuh bakteri, manfaat siwak bagi kesehatan gigi juga untuk mencegah plak dan mengurangi plak di gigi. Seperti yang diketahui bersama bahwa plak adalah salah satu masalah pada gigi yang bisa menjadi karang gigi. Plak dan karang gigi terbentuk dari sisa makanan yang tidak bersih dengan sempurna, sehingga mengeras dan menempel di gigi. Hal ini akan menyebabkan berbagai permasalahan pada gigi. Ketahui juga Jenis Pasta Gigi Penghilang Karang Gigi yang bagus.


3. Mencegah radang gusi


Manfaat siwak lainnya untuk kesehatan gigi adalah mencegah radang gusi. Radang gusi ditandai dengan gusi bengkak dan gusi berdarah. Penyebab utama peradangan pada gusi tentu adalah bakteri. Jika siwak bermanfaat untuk membunuh bakteri lebih efektif, maka tentu saja radang gusi bisa dicegah. Maka dari itu, jika Anda sering mengalami masalah radang gusi, ada baiknya menggunakan siwak sebagai salah satu bahan alami untuk membersihkan gigi.


4. Menghilangkan bau mulut


Bau mulut juga merupakan salah satu permasalahan gigi dan mulut yang seringkali menyebabkan rasa percaya diri menurun. Bau mulut disebabkan oleh aktivitas bakteri di rongga mulut yang menyebarkan bau tidak sedap. Tentu saja bau mulut bisa diatasi dengan menggunakan siwak untuk membersihkan gigi dan juga gusi. Jika bakteri sudah berkurang, maka permasalahan bau mulut juga akan berkurang dengan sendirinya.


5. Membersihkan celah antargigi dengan efektif


Manfaat siwak bagi kesehatan gigi lainnya adalah membantu membersihkan celah antargigi secara lebih efektif. Celah antargigi disebut dengan daerah onterdental. Daerah ini memang cukup sulit untuk dibersihkam, bahkan dengan sikat gigi sekalipun. Sehingga Anda bisa memanfaatkan siwak untuk membantu membersihkan daerah tersebut. Seperti yang diketahui bersama bahwa daerah tersebut akan lebih sering menjadi tempat bagi sisa makanan untuk tertinggal.


6. Meningkatkan sekresi air liur


Beberapa orang mungkin mengalami masalah xerostomia atau Mulut Kering. Permasalahan ini memang terlihat sepele. Namun ternyata, ada dampak besar di balik mulut kering yang tidak segera diatasi. Mulut yang kering, dalam artian sekresi air liurnya tidak banyak, akan menyebabkan gigi mudah mengalami pembusukan. Akibatnya, gigi rentan cepat berlubang. Dan permasalahan gigi berlubang tentu bukan masalah sepele. Siwak ternyata bisa membantu meningkatkan sekresi air liur sehingga bisa mencegah adanya masalah mulut kering.


7. Mencegah gigi berlubang


Gigi berlubang adalah sebuah kondisi yang pasti tidak nyaman, dimana rasa sakit dari Gigi Berlubang Besar bisa kambuh kapan saja. Gigi berlubang disebabkan oleh bakteri, faktor risiko mulut kering, dan juga sisa makanan yang tidak sempurna dibersihkannya. Sehingga gigi berlubang ini bisa dicegah dengan menggunakan manfaat siwak bagi kesehatan gigi sebagai bahan pembersih alami gigi dan rongga mulut.


8. Membantu gigi terlihat lebih putih


Gigi kuning tentu juga bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. Gigi kuning bisa terjadi karena banyak hal. Namun yang paling berpotensi menyebabkan gigi kuning adalah kebiasaan hidup yang kurang benar. Siwak yang bermanfaat juga untuk membersihkan plak dan sisa makanan secara lebih sempurna, tentu bisa mengurangi permasalahan gigi kuning. Siwak bisa membantu gigi agar terlihat lebih putih sekaligus bisa juga dijadikan Cara Mencegah Gigi Kuning.


9. Mengharumkan mulut


Bukan hanya untuk mencegah bau mulut, ternyaata Manfaat Siwak Untuk Gigi juga bisa untuk mengharumkan mulut. Hal ini dikarenakan siwak memiliki minyak alami yang beraroma harum sehingga aroma ini tidak hanya mencegah bau mulut, namun juga memberikan aroma harum pada mulut.


10. Sebagai fluoride alami


Siwak ternyata juga mengandung bahan fluoride. Bahan fluoride ini sendiri memang sering digunakan pada produk-produk pasta gigi dengan tujuan untuk mencegah gigi keropos dan gigi berlubang.Gigi keropos dan gigi berlubang adalah masalah umum yang seringkali berhasil merusak struktur gigi. Sehingga menggunakan siwak bisa membatu mendapatkan manfaat fluoride untuk gigi dan mulut.


Demikianlah beberapa manfaat siwak bagi kesehatan gigi yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat. Mengingat manfaat siwak yang cukup banyak, ada baiknya mulai mengagendakan diri untuk menggunakan siwak untuk kegiatan sehari-hari sebagai alternatif menggosok gigi agar kebersihan gigi terus terjaga dengan baik.