Berita Kesehatan
3 Penyebab Utama Hidung Mimisan
Selasa, 27 Mar 2018 10:27:40

Mimisan bukanlah suatu diagnosis/penyakit, tetapi merupakan suatu tanda dari penyakit. Mimisan dibidang medis disebut juga epistaksis dan penyebab utamanya dibagi menjadi 3 penyebab utama. Berikut penjabaran 3 penyebab utama mimisan :


A. Penyebab lokal (yang berasal dari hidung) :

1. Trauma : disebabkan suatu benturan/kecelakaan atau manipulasi tangan pada pasien yang punya kebiasaan mengorek daerah hidung.

2. Infeksi rongga hidung : infeksi rongga hidung dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah hidung yang menyebabkan pembuluh darah tipis dan mudah pecah.

3. Benda asing : kasus benda asing pada hidung sering dijumpai pada anak, benda asing pada rongga hidung menyebabkan penekanan dinding hidung yang mengakibatkan jaringan sekitar dinding hidung yang tertekan menjadi kurang suplai darah dan menyebabkan jaringan di sekitarnya rapuh.

4. Tumor hidung/tumor sinus : tumor merupakan pembesaran jaringan yang tidak normal, pembuluh darah pada tumor cenderung rapuh sehingga dapat terjadi mimisan.

5. Perubahan cuaca : hidung sebagai indera penciuman mempunyai fungsi lain seperti melembabkan udara yang masuk dan mengatur suhu udara yang masuk. Perubahan cuaca terutama suhu dingin dapat menyebabkan pembuluhdarah daerah hidung melebar sehingga menaikkan suhu udara yang masuk rongga hidung. Kondisi pembuluhdarah yang melebar ini menyebabkan diding pembuluh darah menjadi tipis dan rentan pecah.

6. Sekat tulang hidung bengkok : kondisi sekat tulang hidung yang bengkok dapat menyebabkan penekanan pada salah satu sisi tertentu yg dapat mencederai pembuluh darah didalam rongga hidung

7. Tumor pembuluh darah daerah belakang hidung : tumor ini dalam dunia medis disebut juga angiofibroma nasofaring juvenilis (ANJ), merupakan tumor yang sering muncul pada anak laki-laki terutama dibawah usia 20 tahun, gejala utama penyakit ini mimisan dengan jumlah yang sangat banyak dan sering kambuh.

8. Tumor ganas belakang hidung : dibidang THT-KL tumor ini disebut dengan tumor ganas nasofaring, selain gejala pilek bercampur darah, gejala yang dapat menyertai seperti telinga terasa buntu/berdenging, pandangan mata dobel, pusing yg bersifat terus menerus dan benjolan pada leher.


B. Penyebab general:

1. Sistem kardiovaskuler (hipertensi) : darah tinggi atau dalam istilah medis disebut hipertensi merupakan penyebab mimisan yang disebabkan tekanan darah yang tinggi sehingga dinding pembuluh darah tidak dapat membendung dan akhirnya terjadi pecahnya pembuluh darah.

2. Kelainan darah/pembuluh darah : penyakit kelainan darah/pembuluh darah dapat disebabkan karena sel darah yang tidak normal sehingga terjadi kebocoran pembuluh darah maupun pecahnya sel darah.

3. Penyakit organ hati.

4. Penyakit organ ginjal.

5. Obat-obatan (antikoagulan, aspirin) : obat pengencer darah seringkali dipakai pada pasien dengan keluhan jantung dengan maksud untuk memperlancar peradaran darah. Terkadang penggunaan dalam jangka waktu yang lama membuat kondisi darah menjadi sulit membeku.

6. Penekanan rongga dada (Kompresi mediastinum).

7. Infeksi general akut


C. Idiopatik

Merupakan kodisi mimisan yang tidak diketahui penyebabnya, kasus mimisan idiopatik banyak dijumpai pada praktek dokter spesialis THT-KL. Setelah menjalani anamnesa/wawancara riwayat penyakit pada pasien, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratoriom didapatkan hasil yang normal.


Dari hal yang telah disebutkan diatas diharapkan masyarakat lebih mengerti tentang 3 penyebab utama mimisan, sehingga lebih dini untuk periksa ke dokter umum maupun ke dokter spesialis THTKL dan dilakukan penanganan lebih lanjut.