Berita Kesehatan
Selain Kopi, Ini Makanan dan Minuman yang Bikin Gigi Jadi Kuning
Kamis, 29 Mar 2018 09:23:29

Senyum sumringah dan gigi putih tentu penting untuk meningkatkan rasa percaya diri. Namun, seiring bertambahnya usia, tak pelak membuat gigi bertambah kusam. Ditambah pola makan yang buruk juga memudarkan warna putih gigi dan membuat gigi menguning.


Anda mungkin hanya mengetahui bahwa kopi sebagai penyebab utamanya. Namun, ada makanan atau minuman lain yang bisa membawa malapetaka pada kesehatan gigi Anda. Apa itu? Simak penjelasannya di bawah ini:


1. Teh hitam


Anda mungkin berpikir, antara kopi dan teh, teh masih aman untuk kesehatan gigi. Padahal, teh juga banyak mengandung tanin, zat kekuningan atau kecoklatan yang bisa menodai gigi Anda.


Menurut sebuah studi oleh International Journal of Dental Hygiene, jika Anda masih ingin mengonsumsi teh, sebaiknya tambahkan susu ke teh Anda. Sebab, secara signifikan dapat mengurangi efek pewarnaan. Atau Anda dapat mengganti teh hitam dengan teh hijau atau teh putih untuk mengurangi efek tanin.


2. Jus buah


Meski dalam banyak hal buah mengandung antioksidan dan mineral, tapi dalam mengubah warna gigi, buah juga memiliki efek yang sama. Jus mengandung kualitas asam yang bisa mengikis enamel gigi. Namun, ini bukan jus segar buatan sendiri melainkan jus dalam kemasan.


Nah, jika sudah kadung meminum jus tersebut, jangan biarkan berlama-lama di dalam mulut. Segera cuci mulut dengan air putih untuk meminimalkan pewarnaan.


3. Permen


Permen yang berwarna dan keras pastinya mengandung pewarna dan gula buatan. Gula buatan yang terkandung di dalamnya ini berubah menjadi asam ketika di dalam mulut. Sementara mengunyah permen yang keras tersebut akan merusak permukaan gigi Anda.


Pewarnaan buatan kemudian akan lebih mudah diserap oleh gigi. Sebagai petunjuk, jika permen tersebut telah menodai lidah Anda, kemungkinan juga akan menodai gigi Anda.


4. Anggur merah


Anggu merah bersifat asam dan mengandung tanin dan kromogen, yang merupakan sejenis senyawa dengan pigmen yang melekat pada enamel. Zat yang ada dalam anggur merah adalah triple whammy dan akan bekerja sama untuk menodai gigi dengan cepat.


5. Minuman manis dan soda


Sekarang ini banyak merek minuman bersoda dan minuman manis yang mengandung asam sitrat, gula asam dan asam fosfat yang akan mengikis enamel dalam jangka panjang, apalagi jika diminum tanpa menyikat gigi atau berkumur setelahnya.


Minuman-minuman tersebut sering mengandung pewarna yang dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi.