Berita Kesehatan
7 Tanda Penurunan Pendengaran
Jumat, 06 Apr 2018 13:34:45

Penurunan pendengaran dapat terjadi pada bayi, anak-anak, usia muda maupun lanjut usia. Walaupun penurunan pendengaran di dominasi oleh usia lanjut tetapi seiring berjalannya teknologi, kebiasaan mendengarkan musik atau lingkungan yang bising, penurunan pendengaran banyak juga di alami oleh usia muda.


Untuk mengetahui penurunan pedengaran dengan pasti harus dilakukan tes pendengaran menggunakan alat audiometri yang dilakukan atas rekomendasi dokter spesialis THT-KL. Penurunan pendengaran umumnya tidak terlalu dirasakan karena penurunan yang bertahap, oleh karena itu kita harus mengetahui tanda dan gejala penurunan pendengaran. Berikut ini 7 tanda penurunan pendengaran :


Merasa nyaman dengan volume televisi/radio tetapi beberapa orang lainnya mengeluhkan volume yang terlalu keras.


Merasa berbicara dengan biasa tetapi beberapa orang yang berbicara dengan anda mengeluhkan suara yang anda keluarkan terlalu keras.


Sering salah persepsi setiap berkomunikasi dengan lawan bicara


Mengalami kesulitan berkomunikasi pada lingkungan sekitar sedang ramai atau berisik.


Merasa lawan bicara berbicara tidak jelas


Sering meminta orang untuk mengulang kata-kata yang diucapkan dan anda menanyakan kepada teman apa yang diucapkan lawan bicara anda.


Anda merasa orang-orang berbicara terlalu pelan.


Jika anda merasakan tanda diatas, sebaiknya anda segera berkonsultasi ke dokter spesialis THT-KL di kota anda. Dokter spesialis THT-KL akan menanyakan kebiasaan anda terpapar suara bising atau mempunyai masalah lain misalnya infeksi telinga. Dokter spesialis THT-KL juga akan memeriksa dengan teliti telinga anda. Jika ada kecurigaan terjadi penurunan pendengaran, dokter spesialis THT-KL akan melakukan pemeriksaan tambahan berupa tes pendengaran tambahan sesuai dengan temuan saat pemeriksaan.