Berita Kesehatan
Anda Perokok? Ingin Gigi Anda Kembali Putih? Atasi Dengan Ini
Rabu, 11 Apr 2018 09:08:41

Kebiasaan merokok sering kali membuat gigi menjadi terlihat kuning. Gigi yang berwarna kekuningan jelas tidak menarik dan terkadang dapat membuat kepercayaan diri menjadi terganggu.


Dilansir doktersehat, cara untuk mengatasi gigi kuning karena rokok ini, harus lebih dulu dimulai dengan berhenti merokok. Setelah itu, upaya untuk mulai mencerahkan kembali gigi yang menguning bisa dimulai


1. Menggunakan Pemutih Gigi


Cara yang pertama adalah menggunakan pemutih gigi. Gunakan whitening kit untuk gigi ini bersamaan dengan pasta gigi. Gosok gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung whitening sehari dua kali. Sementara untuk pemutih gigi, gunakan setiap enam bulan sekali.


2. Kurangi Asupan Makanan dan Minuman Berwarna


Langkah kedua, Anda bisa mulai mengurangi jumlah asupan makanan dan minuman yang berpengaruh pada perubahan warna gigi. Seperti cola, kopi atau teh dan apa pun yang mengandung zat pewarna.


3. Jaga Kebersihan Lidah


Cara mengatasi gigi kuning karena rokok selanjutnya adalah menjaga kebersihan lidah. Pasalnya, bakteri dalam mulut, yang dapat berpengaruh pada warna alami gigi, juga bisa terdapat pada lidah. Gunakan alat pembersih lidah setelah menggosok gigi secara teratur.


4. Menggosok Gigi


Ini dia cara paling sederhana yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan gigi serta mulut, termasuk mengatasi gigi yang kuning sebab rokok. Gosok gigi Anda setidaknya dua kali dalam sehari.


5. Perhatikan Asupan Makanan


Susu, kaya akan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang juga gigi. Anda bisa memperbanyak konsumsi susu untuk menjaga gigi tetap kuat.


6. Rutin Mengunjungi Dokter Gigi


Terakhir adalah dengan rutin mengunjungi dokter gigi. Dokter gigi akan memeriksa kesehatan gigi Anda secara rutin dan ketika muncul masalah dapat diketahui dengan segera dan dilakukan tindakan perawatan.


Namun, di antara itu semua, hal yang harus diperhatikan dengan benar adalah pastikan untuk mengurangi atau menjauhi hal-hal yang dapat membuat gigi menjadi kuning. Mencegah selalu lebih baik daripada mengatasi atau mengobati.


Jika Anda mengalami kesulitan mengatasi gigi, bisa konsultasi ke dokter gigi di Klinik Respirasi Malang dengan klik disini