Berita Kesehatan
Hidung Tersumbat? Berikut Tips untuk Meredakannya
Senin, 16 Apr 2018 11:47:50

Hidung pampat atau tersumbat disebabkan oleh pembuluh darah yang meradang di dalam membran yang melapisi bagian dalam lubang hidung dan biasanya disebabkan oleh flu, pilek, atau alergi.

Timbunan lendir di hidung Anda bisa membuat hidung sulit bernapas. Meskipun ini bisa membahayakan jiwa bagi bayi yang baru lahir, tetapi bagi kebanyakan anak-anak dan orang dewasa kondisi ini hanya mengganggu dan terasa tidak nyaman. Untungnya, hidung tersumbat biasanya dapat diatasi dengan mudah dengan biaya yang murah dan waktu yang singkat.


Perlu diingat bahwa hidung tersumbat tidak akan benar-benar sembuh hingga infeksi penyebabnya teratasi karena untuk menangkap dan membunuh patogen penginfeksi, sistem kekebalan tubuh akan memproduksi lendir. Langkah-langkah di bawah ini hanyalah perawatan untuk meredakan, bukan untuk menyembuhkan.

Perawatan Cepat untuk Anak dan Dewasa

1. Tiup hidung perlahan-lahan. Jangan paksakan ingus keluar jika hidung terasa tersumbat tetapi lendir di dalamnya tidak mengalir keluar, atau sulit dikeluarkan. Anda mungkin berusaha meniup hidung kuat-kuat hingga ingus keluar, padahal sebaiknya cukup biarkan saja. Tiuplah hidung Anda hanya di saat ingus mengalir keluar dari hidung.

- Meniup hidung kuat-kuat berulang-ulang akan menyebabkan radang pada membran yang rapuh dalam lubang hidung dan bisa dengan cepat memperparah sumbatan pada hidung. Walaupun pada awalnya langkah ini tidak membantu, Anda akan merasa lebih baik jika mengurangi penggunaan tisu.

2. Minumlah dekongestan atau antihistamin yang bisa dibeli tanpa resep. Bergantung pada penyebab hidung tersumbat, Anda mungkin bisa menemukan beberapa obat yang beredar di pasaran. Inilah obat-obatan yang bisa Anda pilih:

- Jika Anda terserang pilek, minum dekongestan. Dekongestan akan meringankan bengkak dan radang pada hidung Anda, agar Anda bisa lebih mudah bernapas. Anda bisa meminum obat itu, dalam bentuk pil, atau menggunakan semprot hidung dekongestan. Ketahuilah bahwa semprot hidung dekongestan dianjurkan hanya digunakan selama tiga hari berturut-turut; obat minum dekongestan seperti Sudafed dapat diminum dalam waktu yang lebih lama.

- Jika Anda menderita alergi, seperti hay fever (alergi rinitis), minumlah antihistamin. Jika alergi adalah akar permasalahan Anda, antihistamin akan meredakan hidung tersumbat dan juga menangani gejala lain, seperti bersin. Ketahuilah bahwa antihistamin bisa menyebabkan kantuk.

3. Gunakan semprot hidung dari saline (larutan garam). Semprot hidung saline hanya berisi air garam yang dimasukkan ke dalam wadah yang mudah digunakan — tanpa ada obat-obatan di dalamnya. Air garam tersebut akan meringankan radang pada hidung Anda, serta menghalau lendir atau bakteri.

- Belilah obat semprotnya, atau buatlah sendiri. Anda dapat membeli semprotan saline steril di hampir semua toko obat. Atau, jika Anda memiliki aspirator hidung atau pompa penyemprot hidung, buatlah semprotan sendiri dengan mencampurkan 1/4 sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat.

- Membungkuklah di atas wastafel, dengan ujung hidung Anda mengarah ke saluran pembuangan. Posisi ini akan memudahkan air untuk mengalir keluar dari hidung Anda.

- Dengan perlahan semprotkan saline tersebut ke dalam satu lubang hidung pada satu waktu. Jika Anda menggunakan pompa penyemprot, remaslah sedikit untuk mengeluarkan udara di dalamnya, celupkan ke dalam larutan garam, dan lepaskan remasan Anda dari pompa. Remas lagi pompanya untuk memasukkan larutan garam itu ke dalam lubang hidung Anda.

- Biarkan larutan itu mengalir dari hidung Anda sampai habis sebelum menyemprot lagi.

- Gunakan larutan garam itu dua sampai tiga kali sehari.

- Bacalah Cara Menggunakan Neti Pot sebagai pilihan lain mengaliri sinus Anda dengan larutan garam.

4. Gunakan uap untuk mengurangi sumbatan pada hidung. Kelembaban dan panas dari uap akan meringankan peradangan dan membantu Anda agar lebih mudah bernapas. Keuntungan cara ini adalah Anda boleh melakukannya sesering mungkin, termasuk menyalakan humidifier (alat pelembab udara) terus-menerus sampai Anda merasa lebih baik.

- Lakukan mandi uap. Tempatkan handuk di bawah pintu kamar mandi agar tidak ada uap yang keluar, dan agar suhunya naik. Jika Anda tidak ingin mandi, isilah bak mandi dengan air panas dan hirup uapnya ketika uap itu memenuhi kamar mandi.

- Hiruplah uap dari air yang dididihkan di dalam panci. Biarkan airnya mendidih dengan lembut, dan membungkuklah di atasnya dengan hati-hati untuk menghirup uap. (Pastikan Anda tidak sampai kepanasan!)

- Jalankan humidifier atau vaporizer. Ini bisa sangat membantu ketika Anda sedang tidur. Agar uapnya lebih terkonsentrasi, buatlah tenda di atas humidifier dengan bantal, selimut dan perabotan, untuk memastikan bahwa tidak ada celah yang membuat kelembabannya keluar.

5. Jangan sampai kekurangan cairan. Meminum banyak cairan akan mengencerkan lendir di dalam hidung Anda, agar lendir itu lebih mudah dikeluarkan. Kelembaban ekstra di dalam sistem anda juga akan meringankan saluran hidung yang iritasi dan mencegah penyumbatan sinus.

- Beberapa orang merasa terbantu dengan minum cairan hangat ketika hidung mereka tersumbat. Pertimbangkan untuk meminum seduhan herbal, kaldu, atau sup.

6. Letakkan kompres hangat pada hidung Anda. Basahi waslap dengan air yang tidak terlalu panas, berbaringlah, dan letakkan waslap itu di batang hidung Anda sehingga waslap itu menutupi sinus Anda, tetapi tidak menutupi lubang hidung Anda. Basahi kembali waslapnya jika waslap itu mulai terasa dingin.

- Mungkin Anda perlu menghangatkan kembali waslap Anda beberapa kali untuk merasakan manfaatnya, jadi Anda harus sabar. Cobalah menggunakan kompres ketika Anda melakukan sesuatu yang rileks, seperti mendengarkan musik atau menonton TV.

7. Gunakan vapor rub. Hampir semua vapor rub mengandung mentol, eukaliptus, dan atau kamper yang dipercaya beberapa orang dapat membantu mengurangi hidung tersumbat ketika uapnya dihirup. Vapor rub populer yang bisa digunakan untuk tujuan ini diantaranya Vicks, Tiger Balm, dan IcyHot. Meskipun bahan-bahan dalam obat ini secara efektif bisa meredakan sensasi hidung tersumbat pada banyak orang, tidak ada bukti yang cukup untuk menunjukkan bahwa obat-obatan ini bisa mengobati gejala-gejala pilek secara efektif[1].Cobalah menerapkan metode ini untuk meringankan hidung tersumbat:

- Gosokkan pada tenggorokan atau dada Anda ketika Anda akan tidur. Posisi ini cukup dekat dengan hidung sehingga Anda bisa bernapas dengan lancar selama tidur, tetapi jangan terlalu dekat karena bisa mengiritasi mata.

- Oleskan vapor rub pada tisu, kemudian peganglah tisu itu di hidung Anda dan tariklah napas dalam-dalam.

- Atau, jika Anda tidak memiliki vapor rub di rumah, oleskan satu atau dua tetes minyak peppermint di bawah hidung Anda. Ini akan memberi efek yang sama.

8. Beristirahatlah dalam posisi tegak. Jika hidung Anda yang tersumbat bertambah parah ketika Anda berbaring, cobalah mengangkat kepala Anda sedikit. Letakkan bantal tambahan di bawah kepala Anda, atau cobalah tidur di kursi malas.

9. Gunakan strip perekat hidung. Strip tipis berwarna putih ini ditempelkan di batang hidung Anda, dan dimaksudkan untuk melebarkan lubang hidung untuk membantu Anda agar lebih mudah bernapas. Di beberapa toko alat ini mungkin dijual sebagai strip anti-dengkur.

10. Makanlah makanan pedas. Jika sinus Anda tersumbat, pertimbangkan untuk menyantap makanan yang sedikit lebih pedas daripada yang biasa Anda nikmati. Minum banyak air putih ketika Anda makan, dan lendir di hidung Anda akan mengalir keluar sehabis Anda makan. Buanglah ingus Anda sebanyak mungkin.

11. Usapkan sabun. Jika hidung hanya terisi lendir, cara ini bisa membantu. Saat mandi atau berendam, ambillah sedikit sabun dan basahi jari tangan Anda sehingga bisa diusapkan ke permukaan kulit dengan mudah. Pijat kedua sisi hidung sejenak dan seharusnya hidung Anda akan terasa nyaman hingga lendir di dalamnya dapat mengalir keluar dengan mudah karena terasa hangat.

Perawatan untuk Bayi

1. Perhatikan hidung tersumbat pada bayi. Karena bayi belum bisa bernapas menggunakan mulut, hidung tersumbat bisa menjadi masalah serius, terutama selama masa menyusui. Karena Anda tidak bisa meniup hidung bayi yang baru lahir, Anda harus membersihkan lendirnya dengan cara lain.

2. Gunakan tetes larutan garam untuk mengencerkan lendir. Baringkan bayi di permukaan yang datar, dengan diberi gulungan handuk di bawah bahunya agar kepala bayi miring ke belakang. Teteskan beberapa tetes larutan garam di tiap-tiap lubang hidung, dan tunggu 30 hingga 60 detik.

- Untuk membuat larutan garam sendiri, campurlah 1/4 sendok teh garam dengan 1/2 cangkir air hangat.

3. Keluarkan lendirnya. Balikkan bayi dengan perut di bawah untuk membantu mengeluarkan lendir. Anda memiliki dua pilihan untuk mengeluarkan lendir itu secara manual:

- Gulunglah tisu menjadi corong kecil, dan sapukan di sekitar lubang hidungnya. Jangan pernah memasukkan cotton bud ke dalam hidung bayi.

- Gunakan pompa semprot atau aspirator hidung (penyedot ingus) untuk mengeluarkan lendir. Pompalah keluar sedikit udara, masukkan aspirator ke bagian paling depan dari lubang hidung, dan lepaskan pompanya dengan perlahan. Buanglah lendir yang Anda sedot ke atas tisu.

4. Ketahui kapan harus memanggil dokter. Hidung tersumbat bisa menyebabkan masalah yang serius pada bayi jika terus berlangsung terlalu lama. Carilah bantuan jika Anda melihat gejala-gejala berikut ini:

- Hidung yang tersumbat mengganggu kemampuan makan bayi.

- Bayi mengalami demam.

- Bayi sulit bernapas dan napasnya cepat.

Mengetahui Waktunya Mengunjungi Dokter

1. Buatlah janji pemeriksaan denagn dokter jika hidung Anda tersumbat selama lebih dari 7 hari. Jika hidung Anda tersumbat dengan parah selama lebih dari satu minggu, Anda mungkin mengalami sesuatu yang lebih parah daripada alergi atau pilek biasa. Tanda-tanda lain yang harus diwaspadai:

- Pembengkakan di sekitar dahi, mata atau pipi yang bisa menandakan infeksi sinus.

- Penglihatan kabur.

- Bintik-bintik putih atau kuning di bagian belakang tenggorokan.

- Batuk yang mengeluarkan lendir berwarna hijau kekuningan atau abu-abu.

Membuat Rebusan Bawang Bombai untuk Bayi

Ini adalah obat rumahan kuno. Jika Anda mengkhawatirkan bayi tidak dapat bernapas, segera kunjungi dokter atau hubungi layanan darurat.

1. Masukkan bawang bombai yang dipotong besar-besar ke dalam panci kecil.

2. Didihkan. Rebus sampai warna airnya berubah atau bawang bombai lunak. Angkat panci dari kompor dan biarkan rebusan bawang bombai dingin hingga mencapai suhu ruang.

3. Setelah dingin, berikan sekitar 100 sampai 120 ml rebusan bawang bombai ke bayi. Air rebusan ini akan membantu melegakan sumbatan pada hidung. Pastikan untuk memeriksa suhu cairan terlebih dahulu untuk memastikan keamananannya bagi bayi.

Tips

- Jangan terus-menerus membuang ingus.

- Mandi uap yang panas bisa memberi bantuan sementara yang baik pada hidung tersumbat yang parah!

- Tempelkan waslap hangat di batang hidung Anda dan di atas mata Anda.

- Gosoklah dengan perlahan, dengan satu atau dua tangan, di dua sisi hidung Anda. Dimulai dari batang hidung di antara kedua mata Anda, gosoklah dengan lembut di kedua sisi hidung dengan gerakan melingkar ke arah bawah sampai hampir mencapai lubang hidung. Ulangi beberapa kali (akan tergantung pada tingkat keparahan dari hidung yang tersumbat itu). Lendir akan mulai menetes keluar. Membungkuklah di atas wastafel dan alirkan air panas ketika Anda melakukan ini. Tips lain yang bermanfaat adalah dengan melakukan tindakan ini setelah meletakkan kompres hangat di atas hidung Anda, pastikan lubang hidung Anda tidak tertutup kompres.

- Jika Anda menggunakan chest rub (obat gosok untuk dada), letakkan bantal pemanas atau kompres hangat pada dada Anda. Ini membantu agar uapnya sampai ke hidung Anda.

- Gosokkan VapoRub di dada, dagu, dan bibir bagian atas.

- Tatalah bantal yang bisa membuat Anda tidur/istirahat dengan nyaman dan pastikan bantalnya cukup lembut/kuat agar Anda bisa tidur di atasnya.

- Cobalah mendapatkan udara segar. Asalkan Anda tidak terkena hay fever, terkadang ini bisa membuat Anda merasa lebih baik.

- Kunyah permen karet rasa mint.

- Belilah permen rasa mint.

- Gunakan garam mandi mentol dan eucalyptus di wastafel atau mangkuk yang berisi air panas yang beruap. Letakkan handuk di atas kepala Anda dan di sekeliling tepian wastafel/mangkuk. Tariklah napas sampai suhunya turun. Itu seperti sauna untuk kepala Anda!

- Tariklah napas melalui mulut dan keluarkan napas melalui hidung Anda.

- Anda bisa berlari, berjalan, melompat, atau melakukan beberapa kegiatan. Ini akan membersihkan hidung Anda.

- Ketika membuat larutan garam sendiri, pastikan untuk menggunakan air suling untuk mencegah iritasi hidung yang bisa disebabkan oleh zat-zat asing di dalam air seperti bakteri dan/atau klorin. Jika Anda terpaksa menggunakan air keran, Anda harus merebusnya terlebih dahulu kemudian dinginkan airnya sebelum membuat larutan garam. Menggunakan garam tanpa yodium juga merupakan ide yang baik untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya radang dan iritasi tambahan.

- Gunakan Larutan Garam setidaknya sekali sehari.

- Jus cranberry dapat membantu meringankan hidung mampet ringan dan kadang-kadang bisa membantu mengatasi hidung mampet yang parah, pastikan jusnya tidak dingin. Suhunya harus dalam suhu kamar.

- Tambahkan kristal menthol ke dalam air mendidih dan hiruplah. Berhati-hatilah campuran ini beraroma sangat tajam. Atau taruh mangkuknya di dekat Anda. Ini bahan yang murah dan sangat efektif.

- Makan wasabi! Ini akan melegakan hidung Anda dengan cepat (meskipun rasanya mungkin tidak menyenangkan).

Peringatan

- Jangan memasukkan korek kuping ke dalam lubang hidung. Jangan pernah juga memasukkan gulungan tisu karena dapat memperparah radang.

- Berhati-hatilah saat menggunakan uap atau inhaler uap karena uap yang mendidih bisa menyebabkan luka bakar yang berbahaya.