Berita Kesehatan
Rajin sikat gigi, tapi mulut masih bau? Ini 5 penyebabnya
Jumat, 04 Mei 2018 16:56:13

Semenarik apapun penampilan Anda ketika bertemu klien atau orang lain, semua rusak karena bau mulut. Padahal, Anda sudah rajin sikat gigi.


Rasanya tentu tidak enak dan Andapun sulit percaya diri. Biasanya, bau mulut masih muncul karena ada masalah pada rongga mulut yang tidak pernah Anda sadari selama ini.


Kondisi yang di dalam dunia medis disebut dengan halitosis ini dapat terjadi karena adanya ribuan mikroorganisme yang bersemayam di dalam mulut Anda. Tentu hal ini sangat merugikan diri Anda.


Dokter gigi dari situs Klik Dokter, Diego Dimas, menjelaskan, beragam faktor mengakibatkan bau mulut masih terjadi padahal Anda sudah sikat gigi setiap hari.


Berdasarkan sebuah penelitian, kata dia, 90 persen kasus bau mulut terjadi akibat adanya masalah pada rongga mulut, sembilan persen karena masalah dari sistem pernapasan, dan satu persen akibat masalah pencernaan.


Berikut beberapa hal yang menyebabkan bau mulut padahal Anda tidak pernah meninggalkan kebiasaan sikat gigi seperti:


1. Lidah kotor


Bau mulut bisa terjadi karena lidah yang tidak pernah dibersihkan secara berkala bisa jadi tempat untuk bakteri jahat berkembang biak di dalam mulut


2. Gigi berlubang dan sisa akar gigi


Makanan bisa menyangkut pada gigi berlubang yang tidak juga ditambal. Apabila ini dibiarkan karena Anda malas menyikat gigi, sisa makanan yang menyangkut tersebut bisa berubah menjadi tempat bagi bakteri tumbuh dan berkembang.


"Bau mulut pun tak bisa lagi dihindari," ujarnya.


3. Radang gusi


Ditandai dengan gusi berdarah dan pembentukan karang gigi, masalah ini menyerang pada penyangga gigi (tulang dan gusi). Radang gusi menyebabkan tampilan gusi berwarna memerah dan meradang.


Penelitian menemukan, kantung gusi yang terbentuk akibat radang gusi dapat menjadi sarang bakteri penyebab bau mulut.


4. Gigi palsu


Gigi palsu cekat atau lepasan yang tidak dirawat secara rutin dan teratur dapat menyebabkan munculnya bau mulut. Ini karena gigi palsu tetap bisa kotor, bercelah atau berlubang, sehingga bila tidak dikontrol rutin oleh dokter gigi dapat menjadi tempat bagi kuman untuk bersarang. Pada akhirnya, apa lagi kalau bukan keluarnya bau tak sedap dari dalam mulut.


5. Penyakit sistemik


Infeksi saluran napas, gangguan pencernaan, diabetes, atau kelainan pada hati juga dapat menyebabkan terjadinya bau mulut. Begitu pula dengan konsumsi obat-obatan golongan tertentu, misalnya antidepresi dan obat darah tinggi.


Itulah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan napas bau meski Anda sudah rajin sikat gigi. Jika Anda merasa sangat terganggu dengan kondisi yang Anda alami tersebut, jangan ragu atau malu untuk berobat ke dokter gigi terdekat. Anda tak ingin dijauhi orang-orang gara-gara bau tak sedap dari mulut, bukan?