Berita Kesehatan
Tips Atasi Gigi Berlubang
Sabtu, 19 Mei 2018 17:26:24

Anda perlu menjaga kesehatan gigi, yaitu dengan mencegahnya agar tidak berlubang. Gigi yang berlubang tentu akan mengganggu proses pencernaan makanan. Makanan menjadi tidak terkunyah secara sempurna. Selain itu gigi berlubang juga bisa menimbulkan rasa nyeri atau ngilu.


Gigi berlubang awalnya terjadi karena kerusakan email gigi, yang apabila dibiarkan secara terus menerus maka tanpa Anda sadari akan menimbulkan lubang yang kian membesar.


Lalu bagaimana cara mencegah agar gigi tidak berlubang? Hal ini sangat penting Anda biasakan mulai dari sekarang agar kesehatan gigi dan mulut Anda selalu terjaga. Berikut di bawah ini beberapa kebiasaan sehari-hari untuk merawat kesehatan gigi Anda, antara lain:


Rajin Menggosok Gigi

Pertama, tentu Anda harus rajin menggosok gigi. Jangan malas untuk menggosok gigi saat pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Jika Anda mau, Anda juga bisa menambahkan waktu-waktu tertentu untuk menggosok gigi apabila Anda mengonsumsi makanan yang lengket atau penyebab bau mulut, maka seusai makan makanan yang memberi dampak tersebut, Anda harus lekas menggosok gigi.


Kurangi Konsumsi Makanan Dengan Kandungan Gula Tinggi

Tidak cukup hanya menggosok gigi, hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah mengurangi makanan yang memiliki kadar gula tinggi. Makanan yang manis seperti eskrim, permen, cokelat dan sebagainya akan berpotensi membuat gigi Anda berlubang. Sebaiknya Anda meminimalisir mengonsumsi jenis makanan tersebut. Jika ingin mengunyah permen Anda bisa menggantinya dengan permen xylitol, atau jenis permen lainnya yang berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi.


Rutin Memeriksa Kesehatan Gigi

Hal lain yang sering diabaikan adalah memeriksakan gigi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Dengan pemeriksaan rutin ini maka Anda akan mengetahui perkembangan kesehatan gigi Anda. Maka jika terdapat masalah atau penyakit pada gigi, dapat segera diatasi.

Demikian artikel mengenai cara mengatasi gigi berlubang. Sayangi gigi Anda mulai dari sekarang! Semoga artikel ini bermanfaat.