Berita Kesehatan
5 Manfaat Soda Untuk Gigi
Rabu, 30 Mei 2018 15:00:19

Gigi merupakan salah satu organ terpenting yang dimiliki oleh makhluk vertebrata, salah satunya adalah manusia. Gigi berfungsi untuk merobek dan mengunyah makanan agar mudah ditelan dan dicerna oleh lambung. Gigi yang dimiliki manusia memiliki bentuk dan jenis yang berbeda serta fungsi yang berbeda-beda pula. Adapun jenis-jenis gigi pada manusia terdiri atas:


  • Gigi Seri, gigi ini terletak pada bagian depan dan berfungsi untuk memotong makanan.
  • Gigi Taring, terletak pada sudut mulut dan berfungsi untuk mengoyak makanan.
  • Gigi Geraham, gigi ini terletak bagian belakang dan berfungsi untuk menghancurkan makanan.

Menjaga dan merawat gigi sudah menjadi sebuah keharusan bagi setiap orang. Hal ini dikarenakan gigi tidak hanya digunakan sebagai salah satu alat utama untuk mencerna makanan, akan tetapi gigi juga merupakan penunjang utama yang sangat berpengaruh bagi penampilan. Ditambah lagi, gigi termasuk salah satu organ yang sangat rentan terkena berbagai masalah seperti periodentitis, gingivitis, gigi berlubang besar, dll.


Ada berbagai jenis-jenis penyakit gigi dan juga jenis-jenis penyakit mulut yang dapat dipicu oleh gigi yang tidak terawat dengan baik. Dengan demikian, anda harus menyadari betapa pentingnya menggosok gigi serta bagaimana cara menyikat gigi dengan benar. Selain itu, anda juga harus mengkonsumsi makanan yang menyehatkan gigi dan menghindari makanan yang dapat merusak gigi.


Pada kesempatan kali ini, topik yang akan kita bahas adalah manfaat soda untuk gigi. Bagi kalian penikmat minuman soda tentunya merasa tertarik untuk mengetahui apa saja manfaat minuman soda. Berhubung di beberapa sumber yang saya dapatkan,  alih-alih membahas tentang manfaat soda, rata-rata hanya berfokus pada efek negatif yang dimiliki soda.


Yah, memang benar bahwa soda memiliki dampak buruk terhadap gigi. Hal ini dikarenakan soda merupakan minuman berkarbonasi dan memiliki kadar gula serta asam yang tinggi yang bisa mengikis lapisan enamel pada gigi sehingga membuat gigi rusak dan merubah warna gigi menjadi kuning.


Namun, benarkah soda hanya semata-mata merusak gigi? Kalau dipikir-pikir soda memang minim akan manfaat bahkan lebih cenderung membawa efek negatif, utamanya bagi gigi. Namun, hal itu juga bergantung pada keputusan anda sendiri. Jika anda mengkonsumsi soda dengan batas yang normal maka tentu anda bisa terhindar dari dampak buruk soda.


Dengan demikian, tidak ada salahnya untuk mencari tahu manfaat-manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari minuman soda untuk gigi. Berikut ulasannya:


1. Membersihkan Gigi


Manfaat minuman soda untuk gigi yang pertama adalah membersihkan gigi. Biasanya usai memakan sesuatu, makanan yang kita konsumsi akan tertinggal dan menempel di gigi. Nah, di sinilah anda bisa memanfaatkan soda untuk membersihkan mulut serta gigi anda. Asam sitrat pada soda mampu merangsang produksi saliva atau air liur yang bisa membersihkan mulut.


2. Membunuh Bakteri Pada Gigi


Perlu anda ketahui bahwa soda mengandung asam sitrat yang tinggi. Meskipun asam sitrat ini berpotensi untuk mengikis dan merusak lapisan enamel pada gigi. Akan tetapi, menurut beberapa sumber, asam sitrat  terbukti bisa membunuh bakteri yang ada dan berkembang dalam gigi dan mulut.


3. Menghilangkan Plak Gigi


Sisa makanan yang tertinggal di gigi bila dibiarkan begitu saja akan membentuk plak gigi. Plak gigi ini nantinya akan menyebabkan berbagai kerusakan pada gigi. Maka dari itu, plak gigi harus dihilangkan. Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan plak gigi adalah dengan meminum soda. Kandungan asam sitrat yang ada dalam soda dapat menghilangkan noda yang ada pada gigi.


4. Mengatasi Karang Gigi


Karang gigi merupakan salah satu masalah yang rumit yang kerap dialami oleh beberapa orang. Karang gigi ini terbentuk dari plak yang mengeras. Plak gigi biasanya akan sangat sulit untuk dihilangkan jika hanya mengandalkan sikat gigi semata. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan karang gigi seperti scalling. Namun, scalling ini membutuhkan bantuan dari dokter dan secara otomatis membutuhkan biaya.


Jika anda ingin menghilangkan karang pada gigi anda, mungkin soda bisa menjadi solusinya.


5. Mengurangi Bau Mulut


Bau mulut atau halitosis merupakan masalah mulut yang dipicu oleh gigi yang tidak bersih. Perlu anda tahu bahwa gigi yang tidak bersih merupakan tempat bersarangnya bakteri dan kuman penyebab bau mulut. Adapun cara mencegah bau mulut adalah dengan meminum soda. Soda mengandung asam sitrat yang dapat membunuh kuman dan bakteri yang menimbulkan bau tidak sedap keluar dari mulut.


Meminum soda mungkin bisa membantu anda untuk mengurangi bau mulut anda dan memberi kesegaran pada mulut anda, terlebih ketika anda berada di luar atau sedang beraktifitas.


Itulah manfaat soda untuk gigi yang bisa anda dapatkan. Walau bagaimanapun, kita tidak boleh mengabaikan fakta yang menyatakan bahwa meminum soda bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan, utamanya bagi kesehatan gigi. Oleh karena itu, anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi minuman soda secara berlebihan.


Sebagai tambahan yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda, berikut ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk meminimalisir dampak buruk meminum soda bagi gigi;


  • Usahakan untuk langsung berkumur-kumur dengan air putih usai meminum minuman bersoda. Hal ini bertujuan untuk menetralisir kandungan asam soda serta membersihkan zat gula yang masih tertinggal di gigi.
  • Jika anda meminum soda, usahakan untuk memakai sedotan agar bisa meminimalisir kontak antara gigi dengan minuman soda yang anda konsumsi.
  • Jangan langsung menggosok gigi setelah meminum soda karena sama halnya dengan soda, menyikat gigi juga berpotensi untuk mengikis enamel pada gigi. Maka dari itu, usahakan untuk meluangkan waktu sekitar setengah jam sebelum menggosok gigi.
  • Meminum susu juga bisa membantu untuk menetralisir asam serta melindungi enamel gigi.
  • Hindari memakan makanan yang mengandung gula ketika anda minum soda karena ini kadar gula yang anda konsumsi akan bertambah dan itu sangat berbahaya untuk gigi anda.
  • Bila anda ingin meminum soda, anda bisa mencampurnya dengan air mineral. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kadar gula yang ada pada soda.
  • Jika anda enggan mencampurnya soda dengan air mineral. Anda bisa meminum air mineral terlebih dahulu sebelum meminum soda.
  • Jangan meminum soda terlalu sering karena sudah banyak fakta ilmiah yang mengungkapkan dampak negatif yang dimiliki soda bagi kesehatan termasuk kesehatan gigi.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang manfaat soda untuk gigi. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.