Berita Kesehatan
Bahaya Penggunaan Cotton Buds
Senin, 04 Jun 2018 14:19:00

Bagaimana cara Anda membersihkan telinga? Mungkin sebagian besar akan membersihkan telinga dengan menggunakan cutton buds.  Tapi, apakah Anda yakin jika telinga bisa benar-benar bersih dengan menggunakan cutton buds?

Ya, alat  yang kedua ujungnya terdapat kapas ini memang digunakan untuk membersihkan telinga. Tapi, pernahkah Anda merasa telinga menjadi sakit setelah dibersihkan dengan cotton buds? Nah, walau dianggap oleh kebanyakan orang sebagai alat yang bisa mengeluarkan kotoran di telinga, cotton bud ternyata memiliki dampak yang buruk, lho! Saat minta tolong tante untuk membersihkan telinga saya, justru saya diprotes, kataya bentuk telinga saya ribet.

Jadi, kalau mau dibersihkan bingung cari posisi yang enaknya. Tahukah Anda, kalau bentuk telinga seseorang memang sudah di design khusus untuk menghalangi masuknya kotoran ke telinga? Sebenarnya kotoran yang ada di telinga ngga selamanya mengganggu Anda lho Kotoran ini memiliki fungsi untuk melindungi telinga Anda dari kerusakan dan infeksi. Jadi telinga yang bagus itu bukan berarti sangat bersih dari kotoran yang ada. Lalu apa aja sih bahaya membersihkan telinga dengan cotton bud?

Resiko Kapas Tertinggal

Coba bayangin deh, saat Anda lagi asik membersihkan telinga dengan cotton bud tapi ada bagian kapas yang tertinggal di dalam telinga Anda. Seram kan? Hal itu bisa saja terjadi, saat Anda membeli cotton bud yang kualitas bahan kapasnya jelek. Di pasaran, ada banyak jenis model cotton bud.

Ada yang bentuknya spiral, ada yang kualitas kapasnya bagus dan kuat menempel di batangnya. Tetapi ada juga yang kapasnya mudah terlepas dari batang. Saat Anda begitu asik mengorek kotoran, bisa saja bukan kotorannya yang hilang malah kapasnya yang ketinggalan.

Kotoran Telinga Makin Menumpuk

Bahaya menggunakan cotton bud selain bisa tertinggal kapasnya di dalam telinga, juga memiliki risiko pada pendengaran Anda. Saat Anda membersihkan telinga, sebenarnya tak semua kotoran bisa keluar.

Terutama jika Anda menggunakan jenis cotton bud yang biasa. Kotoran bisa semakin menumpuk masuk ke dalam karena dorongan dari kapas. Hal ini menyebabkan kotoran tersebut  mengganggu pendengaran telinga Anda.

Gendang Telinga Pecah

Nah, yang lebih ekstrem lagi ini nih gendang telinga Anda bisa pecah karena terlalu sering mengorek kotoran dengan cotton bud. Mula-mula Anda akan merasa telinga Anda berdengung dan rasanya sakit. Waspada, bisa jadi itu tanda bahwa telinga Anda sedang dalam keadaan yang tak baik.

Ngga mau kan sampai pakai alat bantu pendengaran cuma karena cotton bud yang harganya ngga seberapa. Kalau sudah merasa sakit, baiknya Anda periksakan ke THT, ya.

Cara Aman Membersihkan Telinga

Lalu bagaimana cara yang aman untuk membersihkan telinga? Bentuk telinga setiap orang berbeda, ceruman yang dimiliki pun juga berbeda tentunya. Cerumen merupakan kelenjar khusus yang menghasilkan kotoran telinga di bagian luar. Ada yang bentuknya cair, padat, atau seperti kulit kering. Warnanya juga bervariasi, tergantung komposisi juga.

Memang sih kalau membersihkan telinga sendiri lebih ringkas, ya. Sedangkan, kalau ke dokter THT kelihatannya serem, pakai alat-alat yang besar dan terlihat lebih menyeramkan. Tapi, sebelum Anda membersihkan telinga Anda, kenali dulu bentuk kotoran telinga Anda. Bila kotoran keras sulit untuk dikeluarkan, jangan langsung menggunakan cotton bud. Hal itu justru semakin membuat kotoran masuk lebih dalam ke telinga.

Anda bisa menggunakan obat tetes telinga, tapi perhatikan juga dosis pemakaiannya. Obat tetes telinga juga memiliki banyak jenis, diberikan tergantung pada keluhan Anda. Ingat! Sebelum membeli, kenali dulu jenisnya, konsultasi ke apoteker juga saat membeli obat di apotek. Namun, bila kotoran Anda di rasa memang sulit sekali dikeluarkan, sudah waktunya Anda berkunjung ke dokter THT.