Berita Kesehatan
Apa Saja Manfaat Berkumur dengan Minyak Kelapa ?
Senin, 11 Jun 2018 10:12:21

Ternyata, minyak kelapa tak hanya baik untuk menjaga kesehatan tapi juga membuatmu terhindar dari bau mulut dan gigi akan terlihat bersih. Salah satu cara memanfaatkannya, dengan berkumur dengan minyak kelapa.


Minyak memiliki lemak jenuh yang tinggi yakni medium chain triglycerides (MCT) yang akan langsung digunakan oleh hati untuk menghasilkan energi.


Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut


Minyak kelapa mengandung asam laurat yang lebih efektif dalam membunuh bakteri dibandingkan jenis asam lemak lainnya, termasuk mutans streptococcus, bakteri penyebab bau mulut, gigi berlubang, dan pembusukan gigi.


Khasiat minyak kelapa untuk gigi dan mulut ini dibuktikan dari sebuah penelitian dari Journal Antimicrobial Agents and Chemotherapy. Di mana sekitar 50 persen dari kandungan minyak kelapa terdiri dari asam laurat.


Beberapa studi bahkan menunjukkan minyak kelapa hampir sama efektifnya dengan chlorhexidine, larutan antiseptik yang biasa terkandung dalam obat kumur yang bermanfaat untuk mengobati dan mencegah radang gusi (gingivitis).


Manfaat tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian dari Nigeria Medical Association yang menyatakan, bahwa minyak kelapa juga mampu mengurangi penumpukan plak gigi dan melawan penyakit gusi.


Penelitian ini meminta 60 orang yang memiliki radang gusi untuk rutin berkumur pakai minyak kelapa alami, sebuah teknik yang disebut oil pulling.


Hasilnya, gejala radang gusi perlahan mereda setelah 7 hari rutin melakukan oil pulling, dan benar-benar berhenti 30 hari kemudian.


Dari hasil penelitian, rutin berkumur dengan minyak kelapa efektif mengikis lapisan plak gigi dan sekaligus mencegah pembentukan plak baru yang menyebabkan infeksi gusi.


Cara Berkumur dengan Minyak Kelapa


Berkumur dengan minyak kelapa sebenarnya telah digunakan turun-temurun sebagai metode alami menjaga kesehatan mulut dan gigi. Berikut cara yang bisa Sobat ikuti.


Cara Pertama


. Gunakanlah minya kelapa seperti saat menggunakan obat kumur pada umumnya.


Masukkan satu sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut dan berkumur seperti biasa selama 15-20 menit. Pastikan juga untuk minyak bisa meraih sela-sela gigi dan gusi dengan bantuan lidah.


Setelah itu, buang minyak kelapa, bilas dengan berkumur air putih, dan lanjutkan sikat gigi seperti biasa. Hasilnya akan lebih baik jika dilakukan setiap hari.


Cara Kedua.

Alternatifnya, kamu bisa membuat pasta gigi alami yang berbahan dasar minyak kelapa. Caranya dengan mencampurkan,



  • 100 gram minyak kelapa (kurang lebih 7 sdm)
  • 2 sdm soda kue
  • 10-20 tetes minyak esensial peppermint atau kayu manis

Panaskan minyak kelapa hingga mencair, setelahnya masukkan soda kue. Aduk merata sampai teksturnya sudah mirip pasta gigi.


Terakhir, tambahkan minyak esensial favorit kamu dan simpan pasta gigi dalam wadah tertutup.