Berita Kesehatan
Hati-Hati Ini Penyebab Karies Gigi Pada Anak
Selasa, 12 Jun 2018 10:17:14

Gigi rusak bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada anak-anak. Jika asupan nutrisi tidak tercukupi dengan baik maka akan menyebabkan gigi menjadi mudah rapuh dan berakhir kerusakan pada gigi. Parahnya jika hal ini diteruskan maka akan menyebabkan karies pada gigi. Kesehatan gigi pada anak harus dijaga agar tidak mengganggu pertumbuhannya. Karies gigi juga menyebabkan nyeri dan sakit. Tentu hal ini sangat mengganggu anak-anak.


Berikut adalah beberapa penyebab karies gigi pada anak. Yuk, kenali penyebabnya agar si kecil bebas dari karies gigi.



  1. Minum susu dari dot merupakan salah satu penyebab karies gigi pada anak-anak. Hal ini karena bekas susu akan menumpuk pada gigi dan menyebabkan karies. Jika memang si kecil tidak dapat lepas dari dot kesayangannya maka usahakan untuk meminta si kecil minum air putih yang cukup setelah dia minum susu dari dot.

  2. Jika si kecil gemar minum dan nyemil makanan yang berbahan soda, maka giginya akan lebih berisiko terkena karies. Alihkan kebiasaan nyemilnya dengan memperbanyak makan buah dan sayur.

  3. Kebiasaan menghisap jempol pada anak-anak ternyata dapat menyebabkan karies gigi pada anak-anak. Kebiasaan ini tidak hanya menyebabkan karies gigi tapi juga mempengaruhi pertumbuhan gigi sehingga tumbuh tidak teratur.

  4. Jika si kecil gemar menggigit kuku, maka segera hentikan kebiasaan tersebut. Mom, tentu tidak tahu jika kuku si kecil menjadi tempat bersembunyi bagi kuman-kuman jahat yang dapat menyebabkan karies gigi.

  5. Tidak rutin menggosok gigi secara teratur merupakan salah satu penyebab karies gigi pada anak-anak. Untuk itulah penting membiasakan si kecil untuk selalu sikat gigi secara teratur.


Menjaga kesehatan gigi si kecil memang tidak mudah. Banyak tantangan yang harus Mom perhatikan. Mengenali kebiasaan si kecil dan menanamkan disiplin penting menjaga kesehatan giginya. Mulai dari kebiasaan sikat gigi secara teratur adalah pencegahan yang efektif untuk mengurangi risiko karies gigi pada anak-anak.


Mengajak anak-anak untuk tahu pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mengenalkan pentingnya pergi ke dokter gigi sejak dini akan membuat anda lebih mudah untuk menjaga kesehatan giginya. Bagaimana ? Semoga usaha anda untuk menjaga kesehatan gigi si kecil berhasil. Selamat mencoba.