Berita Kesehatan
Miliki Gigi Putih dan Mulut Segar di Hari Lebaran
Kamis, 14 Jun 2018 13:43:47

Siapapun ingin tampil maksimal saat bersilaturahmi ke rumah keluarga besar maupun kerabat. Segala sesuatu dipersiapkan dengan optimal, mulai dari kesehatan tubuh, pakaian baru, hingga riasan wajah. Namun, tanpa diduga bau mulut dan gigi yang kurang bersih seketika menurunkan rasa percaya diri, terutama saat berhadapan dengan orang lain. Agar momen kebersamaan tidak terganggu, coba gunakan beberapa kiat ini.


Hindari Makanan Beraroma Tajam


Makanan khas Lebaran yang hanya ditemukan setahun sekali memang bikin kangen. Sebut saja opor ayam, sambal goreng kentang, hingga rendang. Tapi jika terbuat dari bahan makanan beraroma tajam, seperti jengkol, petai, atau durian, maka sebisa mungkin menghindari untuk memakannya. Aroma khasnya sulit dihilangkan walau sudah menyikat gigi atau berkumur.


Selain itu, makanan berprotein tinggi seperti daging dan produk susu ternyata dapat memicu bau mulut. Hal ini disebabkan sisa proses pencernaan protein berupa senyawa sulfur yang memicu bau yang lebih tajam.


Banyak Minum Air Putih


Bsu mulut juga dapat dipicu oleh rongga mulut yang kering. Air liur yang biasanya berfungsi sebagai pembersih alami gigi menjadi lebih kental, sehingga kurang efektif mencegah perkembangan bakteri penyebab bau mulut. Kurangi konsumsi minuman yang mengandung gula, soda, maupun kafein yang tidak hanya memicu bau tak sedap di mulut, tapi juga meningkatkan risiko kerusakan gigi.


Konsumsi Makanan Bernutrisi


Nutrisi yang penting bagi kesehatan gigi adalah kalsium dan vitamin D. Kekurangan vitamin D tidak hanya dapat memicu kerusakan gigi tapi juga menurunkan sistem kekebalan tubuh dan memicu kerapuhan tulang. Selain dari sinar matahari pagi, vitamin ini bisa didapatkan dari bahan makanan yang dikonsumsi, seperti produk berbahan susu, telur, dan tuna.


Pakai untuk menyiapkan segala makanan tanpa ragu, karena Filma Signature telah mengantongi sertifikat halal dari MUI, serta pengakuan BPOM. Hasil gorengan pun jadi lebih renyah dan penggunaannya pun lebih hemat, karena titik didihnya tinggi.


Jaga Kebersihan Gigi


Rajin menjaga kebersihan gigi merupakan kunci mencegah bau mulut. Caranya cukup mudah karena hanya terdiri dari tiga langkah. Mulailah dengan menyikat gigi, menggunakan dental floss untuk membersihkan sisa makanan di lokasi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi, dan diakhiri dengan berkumur untuk membersihkan seluruh rongga mulut dari kuman.


Selain tampilan yang cantik, miliki gigi bersih dan bebas bau mulut untuk menyambut Hari Raya Lebaran.