Berita Kesehatan
Berapa Lawa Waktu Ideal untuk Menggosok Gigi?
Rabu, 27 Jun 2018 17:33:41

Berapa Lawa Waktu Ideal untuk Menggosok Gigi?

Untuk mendapatkan gigi yang sehat dan kuat, sebaiknya kita menggosok gigi minimal dua kali dalam sehari. Saat pagi setelah bangun tidur dan saat malam sebelum pergi tidur. Tapi, kita juga disarankan untuk gosok gigi setelah kita makan.

Apalagi, jika makanan tersebut merupakan makanan yang terlalu banyak mengandung minyak, mengandung gula atau bahan sejenisnya.

Melansir dari laman self.com, sebaiknya kita menggosok gigi dengan cara yang tepat agar gigi tetap sehat dan kuat. Kita juga perlu memperhatikan seberapa banyak waktu yang kita lakukan untuk menggosok gigi.

Para ahli mengungkapkan bahwa menggosok gigi terlalu cepat, terlalu sering atau terlalu lama memiliki efek yang cukup mengerikan buat kesehatan gigi. Umumnya, orang akan menggosok gigi di bawah waktu 2 menit. Namun ternyata, kebiasaan ini sangat disayangkan oleh para ahli.

Sebaiknya kita menggosok gigi selama 2 sampai 3 menit. 1 atau 1,5 menit untuk menggosok gigi bagian atas dan 1 atau 1,5 menit untuk menggosok gigi bagian bawah. Waktu ini dikatakan sebagai lama waktu ideal untuk menggosok gigi.

Dokter gigi Sally Cram asal Washington DC, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa menggosok gigi minimal 2 menit sangat mungkin menyebabkan gigi mengalami masalah plak gigi. Sementara itu, orang yang menggosok gigi lebih dari dua menit ditemukan lebih kecil kemungkinan mengalami masalah plak gigi.

Penelitian yang diterbitkan ke dalam International Journal of Dental Hygiene (2002) menyebutkan bahwa gosok gigi minimal 2 menit bisa mencegah masalah plak gigi hingga 41 persen. Sedangkan menggosok gigi selama 1 menit bisa mencegah plak gigi hingga 21 persen.

Untuk mendapatkan gigi sehat dan kuat serta terbebas dari plak, menggosok gigi saja tidak cukup. Kita tetap harus memperhatikan pola makan, pola minum, menjaga kebersihan mulut dan medical check up gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali.