Berita Kesehatan
4 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Gigi yang Wajib Anda Ketahui
Kamis, 05 Jul 2018 17:25:04

Tanpa gigi kemungkinan besar kita akan mengalami kendala yang cukup berarti dalam menjalan performa atau fungsi dari tubuh kita secara keseluruhan. Karena dengan pentingnya keberadaan serta perawatannya dalam tubuh kita, maka perawatan gigi itu sangatlah penting untuk kita perhatikan dan lakukan secara rutin ya sobat.


Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk merawat dan menjaga kesehatan gigi kita adalah dengan melakukan olahraga. Nah sobat semua, mungkin hal ini tentunya agak aneh dan asing bagi anda ya, dan mungkin juga anda akan berpikir apa hubungannya olah raga dengan dan apa pengaruhnya atau manfaatnya bagi gigi.


Nah untuk itu sobat, pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan kepada sobat semua mengenai manfaat olah raga bagi kesehatan gigi. Agar sobat semua tidak penasaran, yuk langsung saja kita simak ulasan berkut ini dengan seksama.


Seperti yang sudah kita ketahui bersama, manfaat olah raga sudah kita ketahui secara umum yang sama pentingnya seperti manfaat vitamin c untuk gigi. Pada umumnya manfaat olah raga adalah untuk membuat tubuh kita lebih bugar, sehat dan tentunya terhindar dari berbagai jenis penyakit.


Namun sayangnya masih banyak lapisan masyarkat yang kurang memberikan perhatian terhadap pentingnya olah raga ini bagi kesehatan secara keseluruhan. Dan yang tidak kalah penting olah raga juga memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan gigi loh sobat. Berikut ulasannya untuk anda.


1. Merangsang Dan Meningkatkan Pertumbuhan Gigi


Manfaat olah raga bagi kesehatan gigi yang pertama. Mungkin tidak banyak yang tau ya sobat ternyata dengan berolah raga misalnya seperti berenang, atau olah raga yang lainnya yang menggerakkan otot – otot bisa merangsang dan meningkatkan pertumbuhan gigi anda.


Hal ini terutama berlaku bagi anak beranjak remaja maupun yang sudah remaja. Dengan rajin berolah raga dan didukung oleh makanan dan minuman yang banyak mengandung kalsium akan bisa memaksimalkan pertumbuhan gigi anda. Namun efek kandungan kalsium berlebihan terhadap gigi justru akan merusak kondisi gigi itu sendiri.


Oleh karena itu, tidak heran ya sobat jika seorang remaja yang rajin berolah raga akan mendapatkan gigi yang bagus dan rapi jika dibandingkan dengan akan seusianya yang memang jarang melakukan olah raga. Hal ini disebabkan karena pergerakan dari otot – otot tubuh anda secara aktif bergerak yang nantinya akan berpengaruh pada pertumbuhan dan kesehatan gigi anda. Selain itu dengan berolahraga ternyata bisa dijadikan sebagai salah satu cara mengatasi gigi keropos di usia muda paling ampuh sobat.


2. Memperkuat Gigi Anda


Manfaat olah raga bagi kesehatan gigi yang kedua. Selain meningkatkan pertumbuhan gigi, ternyata denhan berolah raga anda juga secara tidak langsung sudah meningkatkan kekuatan pada gigi anda. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, apabila kita rajin berolah raga, maka tulang dalam tubuh kita akna kuat karena sering dilatih untuk melakukan gerakan – gerakan yang dapat meningkatkan aktivitasnya sehingga akna berpengaruh pada kekuatan tulang itu sendiri.


Nah sobat semua, tidak jauh berbeda dengan gigi anda, apabila anda rajin berolah raga maka secara otomtis akan membuat gigi anda lebih kuat, karena saraf – saraf pada gigi anda tersebut sesungguhnya berpengaruh terhadap bagian tubuh anda yang lainnya.


Jadi apabila anda melakukan olah raga secara teratur secara tidak langsung anda juga merawat kekuatan gigi anda ya sobat. Yuk sobat semangat berolahraga ya. Jika anda sekarang sudah tau cara meningkatkan daya tahan gigi dengan melakukan olahraga, sekarang tunggu apa lagi?


3. Menghindari Beberapa Penyakit Gigi


Manfaat olah raga bagi kesehatan gigi yang ketiga. Manfaat lainnya yang bisa anda peroleh dari berolah raga adalah untuk menghindari gigi anda dari berbagai penyakit. Sepeerti akta pepatah yang mengatakan  “ didalam tubuh yang sehat terdapat pula jiwa yang sehat”.


Setuju ya sobat. Nah sobat tidak jauh dari pepatah tersebut, bahwasanya didalam tubuh yang sehat pastinya terdapat gigi yang sehat pula. Tanpa kita sadari, berbagai penyakit yang datang atau hinggap di gigi kita asal muasalnya adalah dari penyakit yang ada di dalam tubuh kita.


Sebut saja pada saat anda sakit, maka otomatis anda akan mengonsumsi obat, terlebih lagi jika obat tersebut adalah sejenis antibiotik, zat kimia yang ada di dalam antibiotik tersebut akan berdampak buruk bagi gigi anda, salah satunya adalah membuat gigi anda berubah warna seolah menjadi kekuningan atau kecoklatan.


Selain itu jika mengonsumsi berbagai macam obat –  obatan dalam jangka panjang akan berdampak negatif pada gigi anda yaitu dapat menjadi penyebab gigi cepat keropos dan juga rapuh. Nah sobat untuk itu jagalah kesehatan anda dengan rajin berolah raga ya.


4. Membuat Senyum Anda Tetap Menarik


Manfaat yang terakhir dari rajin berolah raga dan manfaatnya terhadap gigi anda adalah membuat senyum anda tetap menarik. Karena pada umunya olah raga akan membuat pikiran lebih rileks serta jiwa lebih bugar. Dengan demikian, jiwa, raga dan pikiran andapun nantinya akan lebih fres dan bersemangat untuk melakukan aktivitas anda.


Jika anda fres dan terlihat segar dan bugar sudah tentu anda dalam melaksanakan pekerjaan pun akan enjoy ya sobat begitu pun dengan senyum anda, karena merasa anda sehat dan bugar maka tentunya senyum yang terukir diwajah anda pun adapa senyum yang menarik dan senyum yang sesungguhnya.


Karena dalam tubuh yang sehat pasti ada senyum yang indah dan menarik ya sobat. Setuju dong sobat semua. Sebagai tambahan anda bisa melakukan relaksasi wajah, karena manfaat relaksasi wajah bagi kesehatan gigi sangatlah baik dari mulai jangka pendek atau pun jangka panjang.