Berita Kesehatan
Penyebab Rahang Sakit saat Kedinginan
Senin, 09 Jul 2018 09:53:10

Suhu rendah akhir - akhir ini memang sangat dingin, mungkin tidak hanya membuat Anda kedinginan. Bagi sebagian orang, kondisi ini benar-benar bisa memicu rasa sakit.


Rasa sakit atau nyeri yang dipicu udara dingin dapat dirasakan sebagian orang di daerah tertentu yang sensitif. Salah satunya daerah rahang, yang dijelaskan dr Manny dari Foxnews.


Menurutnya, hal pertama yang harus dicurigai saat rahang nyeri karena kedinginan adalah memeriksakan gigi. Gigi berlubang dapat menjadi penyebab dari rasa sakit di rahang. Namun demikian, cuaca dapat memiliki efek pada tubuh Anda tanpa bisa diduga.


Penelitian telah menunjukkan bahwa, perubahan tekanan udara yang sering menyertai penurunan suhu dapat memicu nyeri dengan menyebabkan kantong udara di seluruh tubuh Anda untuk melebar dan/atau menyusut, memberikan tekanan pada saraf.


Gangguan sendi temporomandibular juga sering terjadi pada wanita dewasa. Gejalanya bisa berupa sakit telinga, sakit kepala, sakit saat mengunyah, kesulitan membuka mulut, suara klik pada sendi rahang.


Menggigil saat cuaca dingin dapat menyebabkan otot-otot di rahang Anda mengerut atau mengejang. Ini juga dapat menyebabkan sakit. Selalu berbicara dengan dokter Anda untuk menentukan perawatan terbaik berdasarkan kondisi Anda.