Berita Kesehatan
Bahaya Minuman Kekinian pada Kesehatan Gigi dan Mulut
Kamis, 12 Jul 2018 15:49:24

Berbagai macam minuman kekinian semakin sering ditemukan. Mulai dari kopi atau teh yang dicampur buah, hingga es serut kepal yang disiram susu, permen dan cokelat di atasnya. Meski terasa enak dan menggugah selera, tahukah Anda bahwa minuman kekinian yang seperti itu bisa mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut?


Berikut adalah beberapa jenis minuman kekinian dan dampak buruk yang bisa ditimbulkannya.


● Kopi atau teh


Kopi dan teh sebenarnya dapat menyehatkan tubuh. Namun, bila dikonsumsi berlebihan, keduanya dapat merusak gigi dan mulut.


Efek yang sering terjadi setelah mengonsumsi kopi dan teh adalah perubahan warna gigi. Ini karena keduanya mengandung tanin, yang membuat tampilan gigi menjadi kuning.


Parahnya lagi, kopi dan teh juga dapat merusak enamel permukaan gigi dan mengikis lapisan dentin gigi. Hal ini menyebabkan noda pada gigi berubah menjadi plak dan stain, hingga akhirnya menyebabkan penampilan gigi yang kusam, berwarna kuning pekat hingga kecokelatan.


Tak hanya sampai di situ, kopi dan teh juga mengandung kafein yang dapat mengganggu kualitas tidur juga dikonsumsi berlebihan. Keadaan itu pada akhirnya akan menyebabkan kebiasaan menggertakkan gigi (bruxism), sehingga keluhan rahang nyeri dan sakit kerap tak bisa dihindari.


● Minuman bersoda


Minuman kekinian yang mengandung soda ternyata berbahaya bagi kesehatan gigi. Kandungan asam, gula, dan karbonasi yang terdapat dalam minuman tersebut dapat mempercepat pertumbuhan bakteri perusak gigi.


Selain itu, ketiga kandungan yang ditemukan pada minuman bersoda tersebut juga mempercepat terjadinya proses pengikisan lapisan enamel gigi, yang merupakan lapisan luar pelindung gigi.


Lapisan enamel gigi yang terkikis dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif dan mudah berlubang. Jika kebiasaan mengonsumsi soda tidak segera dihentikan, maka akan terjadi kerusakan yang fatal pada gigi. Apalagi bila seseorang tidak memperhatikan kesehatan gigi dan mulutnya dengan saksama.


● Es serut kepal

Anda pasti tahu bahwa cokelat dan permen mengandung kadar gula yang tinggi. Hal itu membuatnya rentan menempel pada permukaan gigi, yang lama-kelamaan dapat menyebabkan terjadinya berlubang. Keadaan ini bisa semakin parah bila seseorang tidak menyikat gigi dan menjaga kebersihan rongga mulutnya dengan teliti.

Apa solusinya?

Beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk mencegah kerusakan gigi akibat dampak buruk minuman kekinian seperti di atas, yaitu:

  1. Gunakan sedotan saat mengonsumsi minuman kekinian tersebut, untuk memperkecil kontak dengan gigi.
  2. Konsumsi air putih, susu, atau keju setelahnya. Ini bertujuan untuk menetralisir keasamannya.
  3. Jangan langsung menggosok gigi setelah mengonsumsi minuman kekinian. Tunggulah beberapa saat terlebih dahulu, agar email gigi bisa kembali mengeras seperti sedia kala.
  4. Hindari konsumsi kopi setidaknya empat jam sebelum tidur, untuk menghindari kesulitan tidur di malam hari.
  5. Jaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi sebanyak dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  6. Kunjungi dokter gigi secara berkala, atau setidaknya setiap enam bulan sekali.

Anda memang tidak dilarang untuk mengonsumsi minuman kekinian. Namun, Anda harus tetap ingat bahwa minuman tersebut dapat mendatangkan segudang dampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut. Karena itu, akan lebih baik jika Anda membatasi atau menghindari konsumsinya sama sekali.