Berita Kesehatan
9 Pengaruh Sakit Gigi pada Ibu Hamil Terhadap Janin yang Berbahaya
Rabu, 18 Jul 2018 12:47:53

Memiliki kesehatan gigi yang buruk memang sangat berbahaya untuk ibu. Sebenarnya dampak sakit gigi pada ibu hamil tidak hanya terjadi pada ibu saja. Janin yang menerima makanan dari plasenta juga bisa terkena dampaknya. Janin sepenuhnya menerima nutrisi dan oksigen dari tubuh ibu. Sakit gigi akan membuat ibu mungkin kurang nutrisi dan terkena masalah lainnya. Jadi apa saja pengaruh sakit gigi pada ibu hamil terhadap janin yang berbahaya? Perhatikan informasi dibawah ini.


1. Janin terkena infeksi


Sesuai dengan usia kehamilan maka perkembangan janin harus mengikuti usia kehamilan. Namun saat ibu hamil terkena sakit gigi dan tidak dirawat dengan baik maka infeksi yang dialami oleh ibu juga bisa terjadi pada janin. Sakit gigi bisa disebabkan karena masalah gigi berlubang pada ibu. Pada bagian tersebut ada banyak bakteri yang tumbuh dan berkembang. Akhirnya bakteri itu terbawa oleh darah ibu dan sampai ke janin. Janin bisa terkena infeksi yang buruk dan beresiko tinggi.


2. Janin kurang nutrisi


Janin menerima nutrisi dari tubuh ibu melewati plasenta. Nutrisi dibawa oleh darah dari ibu. Ketika ibu terkena sakit gigi maka ibu tidak bisa makan dengan baik. Jika ini berlangsung sangat lama maka akibatnya janin tidak mendapatkan nutrisi yang penuh. Janin akan kekurangan nutrisi sehingga menjadi sangat lemah. Dampaknya sama seperti dengan bahaya morning sickness pada ibu dan janin


3. Perkembangan janin yang buruk


Perkembangan janin sangat ditentukan oleh usia kehamilan. Ibu hamil yang mengalami sakit gigi mungkin akan memiliki janin yang tumbuh lebih lambat. Ada banyak penyebabnya seperti ketika janin tidak mendapatkan nutrisi dari tubuh ibu, janin yang menderita infeksi, dan janin yang tidak bisa berkembang karena kurang nutrisi. Dampaknya sangat berbahaya karena menjadi penyebab janin tidak berkembang. Jadi perhatikan jika ibu sakit gigi dan mengalami tanda janin tidak berkembang sehingga harus segera ke dokter terdekat.


4. Cacat otak pada janin


Infeksi yang disebarkan dari masalah sakit gigi pada ibu bisa sangat berbahaya untuk perkembangan otak janin. Kemungkinan janin juga bisa mengalami infeksi pada bagian otak dan sistem syaraf. Masalah ini sangat berat karena perkembangan otak janin dimulai sejak trimester awal sampai akhir. Masalah otak pada janin bisa menyebabkan bayi lahir dengan gangguan otak dan sistem syaraf. Akhirnya dokter akan menemukan tanda tanda janin cacat sejak dalam kandungan karena kesehatan gigi yang tidak baik pada ibu hamil.


5. Cacat fisik pada janin


Masalah cacat pada janin juga bisa terjadi karena ibu hamil sakit gigi yang buruk selama hamil. Berbagai penyebab bayi lahir cacat ini ditentukan oleh infeksi yang terjadi pada janin. Tidak hanya itu karena janin juga bisa mengalami cacat karena perkembangan janin yang buruk selama dalam kandungan. Cacat janin ini diawal oleh perkembangan organ tubuh yang tidak sempurna sejak dalam kandungan.


6. Penyakit pada janin


Sakit gigi pada ibu hamil berpengaruh pada penyakit pada janin setelah lahir. Bayi yang dilahirkan dari ibu dengan sakit gigi umumnya menderita penyakit bawaan sejak lahir. Misalnya masalah kesehatan jantung pada bayi sejak lahir. Infeksi yang terjadi pada jantung janin bisa berkembang sejak dalam kandungan dan beresiko lebih buruk saat sudah lahir. Jadi ini masalah yang sebenarnya bisa dicegah dengan perawatan gigi yang baik sejak ibu hamil.


7. Janin lahir prematur


Janin juga bisa lahir prematur karena ibu mengalami sakit gigi yang parah. Biasanya kondisi ini disebabkan karena adanya infeksi pada janin, janin yang mengalami perkembangan buruk dan adanya kondisi cacat yang bisa membuat janin tidak berkembang selama di dalam rahim.


8. Keguguran


9. Bayi lahir berat badan rendah


Memang ada banyak pengaruh sakit gigi pada ibu hamil terhadap janin yang berbahaya dan sering tidak disadari oleh ibu hamil. Untuk itu lebih baik tetap menjaga kesehatan gigi selama hamil, seperti dengan melakukan pemeriksaan gigi secara teratur agar janin tumbuh sehat.