Berita Kesehatan
Manfaat Fluoride bagi Kesehatan Gigi
Senin, 23 Jul 2018 13:40:58

Manfaat fluoride cukup berpengaruh bagi kesehatan gigi. Fluoride adalah salah satu senyawa yang menjadi bahan pembuatan pasta gigi. Senyawa ini disinyalir oleh kebanyakan ahli berfungsi untuk membuat gigi menjadi lebih kuat dan dilarang keras untuk dikonsumsi. Senyawa fluoride adalah suatu garam fluoride yang banyak tersedia di alam seperti sodium fluoride, calcium fluoride, ammonium fluoride, magnesium fluoride dan masih banyak lagi.


Berikut ini beberapa manfaat fluoride bagi kesehatan gigi.


Mineral pada gigi


Mineral pada fluoride berfungsi untuk memberikan mineral pada gigi. Hal itulah yang membuat gigi menjadi kokoh, begitupun sebaliknya, tanpa mineral fluoride maka gigi akan menjadi rapuh atau mudah goyang.


Menghilangkan plak


Banyaknya mikroorganisme yang melekat pada gigi atau biasa dikenal dengan istilah plak pada gigi. Jelas bila hal ini diabaikan akan mengancam kesehatan gigi Anda. Penggunaan fluoride akan mencegah mikrooragnisme tersebut untuk tidak menempel pada gigi Anda.


Selain dari eksistensi mineral fluoride di dalam pasta gigi, rupanya sumber senyawa fluoride dapat dijumpai dari berbagai sumber. Seperti air minum (terutama yang sumbernya dari sumur pompa tangan atau sumur dangkal), air minum yang melalui proses florinasi, kentang, garam berfluoride, makanan-makanan laut, teh hijau, minuman mengandung soda, jus buah, sereal, juga dalam makanan formula yang dibuat khusus untuk bayi. Fluoride juga bisa dioleskan langsung di gigi oleh dokter gigi dalam bentuk gel, foam, atau pernis.


Sama seperti mineral dan vitamin lainnya, manfaat fluoride dibutuhkan oleh tubuh manusia, terutama untuk kekuatan gigi. Berdasarkan jenis kelamin dan juga usia, kebutuhan harian fluoride bagi tiap orang berbeda-beda.