Berita Kesehatan
5 Dampak Buruk Air Limbah Industri pada Kesehatan Gigi dan Mulut
Sabtu, 11 Ags 2018 13:14:15

Limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang sangat ditakuti adalah limbah dari industri kimia. Limbah dari industri kimia pada umumnya mengandung banyak berbagai macam unsur logam berat yang mempunyai sifat akumulatif dan beracun (toxic) sehingga berbahaya bagi kesehatan manusia. Limbah pertanian yang paling utama adalah pestisida dan pupuk.


Limbah B3 dari kegiatan industri yang terbuang ke lingkungan akhirnya akan berdampak pada kesehatan manusia. Dampak itu dapat langsung dari sumber ke manusia, misalnya meminum air yang sudah terkontaminasi atau melalui rantai makanan padahal terdapat manfaat minum air putih bagi gig, seperti mengkonsumsi ikan yang telah menggandakan (biological magnifition) pencemar karena memakan mangsa yang tercemar.


Sedangkan Dampak Buruk Air Limbah Industri pada Kesehatan Gigi dan Mulut  adalah dapat menimbulkan beberapa penyakit. Berikut ini kita akan mengulas beberapa penyakit atau akibat dari mengkonsumsi air yang tercemar oleh limbah.


1. Karang gigi


Karang gigi atau sering disebut dengan kalkulus gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi dan kadang terlihat seperti bercak putih gigi. Karang gigi juga bisa terbentuk dari bawah gusi dan bisa menyebabkan iritasi pada gusi. Karang gigi akan menyebabkan bau mulut yagng kurang sedap dan juga gigi yang terlihat berwarna kuning.


Karang gigi adalah merupakan salah satu dampak penyakit gigi yang timbul akibat mengkonsumsi air minum yang tercemar limbah, karena limbah yang tidak sengaja ikut terkonsumsi bersama air yang kita minum mengandung bahan kimia yang dapat atau bisa membuat gusi iritasi. Bila tidak segera ditangani maka akan menjadi masalah pada gigi yang serius, karena dapat membuat gigi kita bisa tanggal dan juga bisa membuat kita kurang percaya diri apabila kita berbicara dengan orang lain.


2. Karies gigi


Karies gigi adalah sebuah penyakit infeksi yang dapat merusak struktur gigi dan mengakibatkan pengeroposan tulang rahang. Penyakit ini menyebabkan gigi berlubang. Jika tidak segera untuk ditangani, penyakit ini dapat menyebabkan nyeri, penanggalan gigi, infeksi, berbagai kasus berbahaya, dan bahakan sampai kematian. Penyakit ini telah dikenal sejak masa lalu, berbagai bukti telah menunjukan bahwa penyakit ini telah dikenal sejak zaman perunggu, zaman besi dan zaman pertengahan.


Peningkatan pravalensi karies gigi banyak dipengaruhi oleh perubahan dari pola makan. Kini, karies gigi telah menjadi penyakit yang tersebar di seluruh dunia dan dianjurkan diatasi dengan pasta gigi dari cangkang kerang. Ini juga adalah merupakan penyakit yang merupakan dampak yang ditimbulkan oleh limbah yang tercampur oleh air dan tidak secara langsung ikut terkonsumsi.


3. Sariawan


Sariawan adalah merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada bagian dinding mulut dan gusi, yang disebabkan oleh bakteri atau karena penyebab sariawan di mulut karena tidak sengaja tergigi. Penyakit ini juga merupakan salah satu penyakit yang di akibatkan oleh pencemaran air oleh limbah. Karena tidak sengaja air yang kita konsumsi juga sudah tercemar oleh limbah yang mengandung banyak bakteri yang dapat menimbulkan infeksi pada dinding mulut dan gusi.


4. Masalah Gigi dan Mulut Akibat Tembaga


Tembaga meruapakan logam berwarna kemerah merahan yang dipakai sebagai logan murni atau logam campuran (suasa) dalam pabrik kawat, pelapis logam, pipa dan lain lain. Pada manusia melalu pernafasan, oral dan kulit yang berasal dari berbagai bahan yang mengandung tembaga.


Tembaga juga terdapat pada tempat pembuangan limbah bahan berbahaya. Senyawa tembaga yang larut dalam air akan lebih mengancam kesehatan. Cu yang masuk ke dalam tubuh, dengan cepat masuk ke perdaran darah dan distribusi ke seluruh tubuh.


Bila mengkonsumsi air minum yang mengandung kadar Cu yang lebih tinggi dari normal akan mengakibatkan muntah, diare, kram perut dan mual.  Dan apabila intake sangat tinggi dapat mengakibatakn kerusakan pada liver dan ginjal, bahkan sampai kematian.


5. Masalah Gigi dan Mulut Akibat Timah hitam


Sumber emisi antara lain dari pabrik plastik, percetakan, peleburan timah, pabrik baterai, kendaraan bermotor, pabrik cat, tamabng timah dan lain sebagainya. Pemanjaan bahan yang satu ini melalui oral dan inhalasi. Sedangkan dampak buruk pada kesehatan sekali masuk ke dalam tubuh timah didistribusikan terutama ke 3 komponen yakni darah, jaringan lunak (ginjal, sumsum tulang, liver otak),


jaringan dengan mineral timah selama jangka waktu yang cukup lama dan secara normal mengeluarkan dengan cara yang lambat. Efek yang ditimbulkan adalah gangguan pada saraf perifer dan sentral, sel darah, gangguan metabolisme vitamin D dan kalsium sebagai unsur pembentuk tulang, gangguan ginjal secara kronis, dapat menembus placenta sehingga mempengaruhi pertumbuhan janin.


Ya, itulah dua contoh bahan yang dapat merusak kesehatan tubuh manusia, dan demikian artikel yang dapat saya ulas mengenai dampak buruk limbah pada kesehatan gigi dan mulut. Semoga anda semua dapat menjaga kesehatan diri anda dengan baik.