Berita Kesehatan
Awas Penyakit Paru-Paru Basah Bisa Menular!
Senin, 13 Ags 2018 12:45:01

Paru-paru merupakan salah satu organ vital bagi kehidupan manusia. Khususnya berfungsi pada sistem pernapasan. Bertugas sebagai tempat pertukaran oksigen dan mengeluarkan karbondioksida yang merupakan hasil sisa proses pernapasan harus dikeluarkan dari tubuh, sehingga kebutuhan tubuh akan oksigen tetap terpenuhi.


Udara sangat penting bagi manusia, tidak menghirup oksigen selama beberapa menit dapat menyebabkan kematian. Itulah peranan penting paru-paru. Organ yang terletak di bawah tulang rusuk ini memang mempunyai tugas yang berat, belum lagi semakin tercemarnya udara yang kita hirup serta berbagai bibit penyakit yang berkeliaran di udara. Ini semua dapat menimbulkan berbagai penyakit paru-paru.


Apakah Penyakit Paru-Paru Basah Menular?


Karena penyakit paru-paru basah disebabkan terutama oleh mikroba infeksi, penyakit paru-paru bisa menular. Penyakit ini disebabkan oleh asap kimia atau racun lain yang tidak dibuat oleh agen infeksi tidak menular.


Banyak penyakit paru-paru basah menular memiliki nama, seperti pneumonia bakteri, viral pneumonia, Mycoplasma pneumonia, dan MRSA (methicillin-resistant Staphylococcus aureus) pneumonia, yang menunjukkan jenis patogen menginfeksi paru-paru. Beberapa pneumonia memiliki nama yang tidak jelas (misalnya, “pneumonia berjalan,” yang menunjukkan bentuk yang lebih ringan dari Mycoplasma pneumonia).


Ada banyak istilah deskriptif lainnya, seperti pneumonia yang didapat masyarakat, pneumonia yang didapat di rumah sakit, dan pneumonia aspirasi (contoh yang menunjukkan sumber organisme yang menyebabkan pneumonia). Mereka semua berpotensi menular tetapi tidak semudah menular seperti flu, misalnya.

Baca juga: Paru-Paru Basah dan Berbagai Penjelasannya


Kapan Penyakit Paru-Paru Basah Menular?


Penyalit paru-paru basah menular ketika patogen penyebab (biasanya bakteri atau virus) dikeluarkan oleh orang yang terinfeksi dengan batuk keluar tetesan yang terinfeksi. Tetesan-tetesan yang dikeluarkan ini mengandung bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit paru-paru basah. Tetesan-tetesan ini mengotori mulut atau saluran pernapasan orang lain untuk akhirnya menginfeksi paru-paru mereka.


Perkiraan waktu ketika paru-paru basah menjadi menular bervariasi dengan jenis agen infeksi dan dapat berkisar dari satu sampai dua hari hingga minggu. Selain itu, beberapa penyakit paru-paru lebih tinggi menular daripada yang lain. Sebagai contoh, Mycobacterium dan Mycoplasma sangat menular, tetapi jenis lain, termasuk pneumonia pneumokokus, memerlukan kondisi optimal untuk menyebar ke orang lain dan lemah menular.


Berapa Lama Penyakit Paru-Paru Basah Menular?


Secara umum, banyak bakteri penyakit paru-paru basah jauh kurang menular setelah antibiotik diberikan selama 24-48 jam. Namun, periode waktu ini dapat bervariasi untuk beberapa organisme, seperti yang menyebabkan tuberkulosis. Untuk tuberkulosis, dapat memakan waktu dua minggu atau lebih pada antibiotik sebelum orang tersebut tidak lagi menular.


Untuk pneumonia virus, orang menjadi kurang menular setelah gejala mulai surut, terutama demam. Ini mungkin terjadi sekitar satu hingga dua hari setelah seseorang tidak demam, tetapi seseorang mungkin masih menumpahkan virus infeksi selama seminggu atau lebih dengan beberapa jenis pneumonia virus. Tidak jarang batuk kadang-kadang untuk beberapa waktu (hari ke minggu) bahkan setelah seseorang tidak menular.