Berita Kesehatan
Ternyata, Keju dan Mentega Baik untuk Kesehatan Gigi
Senin, 23 Okt 2017 17:16:51

Selain sikat gigi dua kali sehari, ada beberapa jenis makanan yang dapat kita konsumsi untuk menjaga kesehatan gigi. Contohnya keju dan mentega. 

Menurut dokter gigi asal Australia, dr. Steven Lin, pasta gigi tak begitu penting untuk kesehatan mulut. Ada orang yang rajin sikat gigi, menggunakan benang untuk membersihkan sisa makanan di rongga gigi untuk menjaga kesehatan gigi. Namun, ada juga orang yang tidak begitu telaten membersihkan gigi dan tetap memiliki gigi sehat, hal ini jelas disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi.

“Gigi adalah salah satu organ penting dalam tubuh. Membutuhkan nutrisi tepat. Tanpa Itu, gigi akan sulit untuk bertahan hidup sempurna,” kata Steven.

Jika kita mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, gigi secara alami akan beregenerasi, tetap kuat, dan sehat. Sebaliknya, jika kita tidak memberi nutrisi yang cukup pada gigi, bakteri dan asam di mulut akan menghalangi proses alami pada gigi. Membuat gigi rusak lebih cepat dari kemampuan alami gigi untuk regenerasi.

Dr. Steven mengatakan, “Bukan hanya gula yang menyebabkan rongga pada gigi. Kekurangan nutrisi yang memperkuat gigi juga akan membuat gigi rusak.”

Semua makanan yang mengandung empat vitamin larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K2 bagus untuk kesehatan gigi. Tidak hanya keju dan mentega, makanan yang bisa kamu konsumsi guna menjaga kesehatan gigi yaitu hati sapi, ikan, susu, dan telur sebagai sumber vitamin A.

Sedangkan sumber vitamin D seperti ikan berlemak, jamur, produk turunan dari susu. Sumber vitamin E yaitu bayam, brokoli, dan kacang-kacangan. Telur, salami, keju dan mentega sebagai sumber vitamin K2 untuk kesehatan gigi.