Berita Kesehatan
Meriahkan Asian Games 2018, Ini Tips Kesehatan Gigi Bagi Para Atlet
Senin, 20 Ags 2018 12:33:53

Sebagai seorang atlet, dedikasi waktu latihan, makanan dan nutrisi yang baik, tetap terhidrasi dan memenuhi nilai gizi semuanya bertujuan untuk mencapai kesuksesan dan meningkatkan kinerja yang pada akhirnya berakhir dengan hasil yang memuaskan. Atlet berkonsultasi dengan Dokter spesialis Olahraga dan Fisioterapis mereka untuk menjga kesehatan fisik sewaktu masa latihan mereka


Ahli diet dipilih untuk keunggulan nutrisi yang akan meningkatkan kinerja, tetapi terkadang kesehatan mulut sering diabaikan. Meskipun kesehatan mulut mungkin tidak secara langsung memengaruhi kinerja harian seorang atlet, atau memenangkan penghargaan terbaik tahun tersebut, konsekuensi kesehatan mulut yang buruk dapat menyusun masalah bagi para atlet dalam waktu dekat.


Para profesional gigi telah khawatir tentang peningkatan angka masalah gigi di antara orang-orang yang aktif dari segala usia mulai dari anak-anak pra-sekolah hingga orang dewasa. Permukaan luar gigi rentan terhadap asam yang dapat menyebabkan kerusakan gigi, erosi gigi atau keduanya. Erosi gigi terjadi ketika lapisan luar yang keras dari gigi (enamel gigi) menjadi lemah dan mengekspos bagian gigi yang lebih lunak (dentin) menuju abrasi. Ulasan terbaru tentang kesehatan gigi pada atlet elit menunjukkan bahwa para atlet ternyata berisiko lebih tinggi untuk mengalami karies gigi dan erosi pada gigi mereka.


Dalam beberapa kasus, tingkat erosi yang meningkat telah dikaitkan dengan konsumsi produk olahraga, termasuk minuman olahraga, suplemen intra-latihan dan gel karbohidrat. Jadi meskipun produk ini dapat berdampak positif terhadap kinerja seorang atlet, mereka harus digunakan dengan hati-hati atau Anda mungkin terpaksa mempertimbangkan kembali senyum Anda.


Meminimalkan Masalah pada Gigi


Untuk olahraga dengan intensitas rendah


  • Pilih air putih untuk menjaga hidrasi.
  • Jika karbohidrat dibutuhkan, pilihan makanan seperti pisang adalah pilihan yang baik

Untuk olahraga dengan intensitas yang lebih tinggi dan / atau latihan yang berkepanjangan


  • Jika minuman olahraga, suplemen intra-latihan atau minuman cola de-digas diperlukan; cairan ini harus digunakan dengan hati-hati.
  • Makanan kaya kalsium dan fosfat (seperti susu, keju dan yoghurt) dapat membantu remineralisasi permukaan gigi.
  • Produk gigi khusus seperti produk penetral, pernis fluoride, gel atau bilasan, agen remineralisasi seperti CPP-ACP yang ditambahkan ke permen karet, tablet hisap, obat kumur dapat membantu untuk remineralisasi permukaan gigi.
  • Bikarbonat dan kalsium juga dapat ditambahkan ke minuman untuk mengurangi potensi erosif mereka tetapi juga dapat mempengaruhi rasa dan palatabilitas.
  • Hindari dehidrasi untuk menurunkan risiko kerusakan gigi dari berkurangnya aliran saliva.
  • Menyikat gigi harus ditunda setidaknya selama 60 menit setelah mengkonsumsi minuman olahraga, minuman intra-olahraga atau minuman ringan untuk memungkinkan permukaan gigi mengeras kembali.
  • Hindari mengonsumsi makanan atau minuman asam segera sebelum tidur.
  • Diskusikan pelatihan Anda dan rejim hidrasi dengan dokter gigi Anda. Pemeriksaan gigi yang rutin akan mendeteksi kerusakan dari dini dan pencegahan.