Berita Kesehatan
Kenali Sinus Preaurikular, Lubang Kecil di Sekitar Telinga
Kamis, 23 Ags 2018 12:37:34

Apakah teman-teman memiliki lubang kecil di sekitar telinga luar seperti gambar di atas? Jika iya, lubang kecil itu disebut dengan sinus preaurikular (preauricular sinus). Apa itu sinus preaurikular?


Cacat Lahir

Sinus preaurikular bisa dikatakan sebagai cacat lahir yang menjadi bawaan umum.

Biasanya keunikan ini ditandai dengan nodula ( jerawat besar yang merah), penyok, atau lesung pipi yang letaknya berdekatan dengan telinga luar.


Jika Ada Kista pada Sinus Preaurikular

Sinus preaurikular pertama kali didokumentasikan pada tahun 1864 oleh Van Heusinger. Umumya, jika sinus tersebut membentuk kista atau terinfeksi, maka kita perlu melakukan pengobatan secepatnya.

Karena kista pada sinus tersebut bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap atau bernanah.

Pengobatan yang bisa dilakukan beragam bentuknya. Bisa berupa pengeringan sinus atau bisa juga menghilangkan semua kista pada sinus tersebut.


Hanya Ada Sedikit Orang yang Memilikinya di Dunia

Tidak banyak orang yang terlahir dengan sinus preaurikular di dunia ini. Misalnya seperti di Eropa, angkanya 1-9 persen, di Amerika hanya 0,9 persen, di Taiwan sekitar 2,5 persen, dan 10 persen di beberapa daerah di Afrika.

Bahkan di dunia, orang yang memiliki sinus preaurikular ini hanya 5 persen saja.

Sinus preaurikular ini bisa diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya dan bisa terjadi pada satu atau kedua telinga.

Namun, berdasarkan sebuah penelitian, sinus preaurikular paling sering muncul di sisi kanan.