Berita Kesehatan
Plus dan Minus Invisalign untuk Merapikan Gigi
Senin, 27 Ags 2018 13:06:21

Ada banyak orang yang punya masalah gigi. Salah satu yang paling umum adalah gigi miring, ataupun gigi bertumpuk. Untuk masalah tersebut, solusi yang paling optimal adalah memasang kawat gigi. Tetapi, sebagian orang tidak suka dengan penampilan kawat gigi yang sangat kentara. Solusinya adalah dengan bracket yang transparan yaitu invisalign. 


Invisalign adalah alat untuk merapihkan gigi tanpa menggunakan kawat. Bentuknya transparan karena terbuat dari plastik dan dapat dicopot saat makan dan sikat gigi. Pada umumnya, peraturan pakainya minimal adalah 20 jam sehari. Alat ini harus dicek dan diganti selama beberapa bulan pertama pemakaian.


Guna alat ini adalah untuk menyusun posisi gigi menjadi tepat. Biasanya, invisalign menjadi pilihan solusi favorit orang dewasa dan remaja, karena alat ini berwarna transparan, sehingga secara estetika lebih bagus.


Tapi, layaknya banyak hal, invisalign juga punya plus dan minus. Kalau Kamu berencana ingin merapihkan gigi, penting untuk mengetahui detil alat ini. Berikut penjelasan lengkapnya, dikutip dari portal Absolute Dental!


Nila Plus Invisalign


Ada beberapa keuntungan memilih menggunakan invisalign, ketimbang kawat gigi biasa. Berikut nilai plusnya:


Lebih Nyaman


Invisalign jauh lebih nyaman untuk dipakai ketimbang kawat gigi. Pasalnya, alat ini tidak menggunakan kawat yang mengikat giginya. Jadi, Kamu tidak perlu khawatir lidah atau gusi berdarah karena tergores kawat. Invisalign memiliki tekstur yang halus dan tidak akan menyebabkan iritasi di dalam mulut.


Tidak Mencolok


Karena invisalign bewarna transparan, jadi tampilannya tidak terlihat. Berbeda dengan kawat gigi yang sangat mencolok. Jadi, invisalign tidak akan memengaruhi penampilan Kamu dari luar. Jadi, Kamu bisa senyum, tertawa, dan berbicara dengan lebih percaya diri.


Bisa Dibuka-pasang


Invisalign bisa dibuka ketika Kamu mau makan, menggosok gigi, dan kumur-kumur. Hal ini tidak bisa dilakukan jika Kamu memakai kawat gigi. Jadi, kalau memilih invisalign, Kamu tetap bisa makan dengan nyaman dan lancar, serta lebih mudah membersihkan gigi. Oleh sebab itu, memilih invisalign juga menurunkan risiko Kamu terkena penyakit gigi dan gusi. Sedangkan, kalau memakai kawat gigi, akan lebih banyak sisa makanan yang menempel di kawat atau gigi.


Mudah Dibersihkan


Invisalign tidak memerlukan perawatan yang rumit. Tentu saja, semakin lama alat dipakai, alat tersebut akan kotor. Tapi, Kamu bisa membersihkannya menggunakan sikat gigi. Menggosok alat tersebut selama satu menit bisa membersihkan kotorannya. Kamu bisa melakukan ini beberapa kali seminggu.


Nilai Minus Invisalign


Meskipun nilai plus invisalign cukup banyak, di sisi lain, alat ini juga memiliki nilai minus. Berikut sejumlah nilai minus alat ini:


Biaya Mahal


Salah satu nilai minus yang paling besar dari invisalign adalah harganya yang cukup mahal. Ketimbang kawat gigi, invisalign jauh lebih mahal. Konsultasikan dulu dengan dokter, kira-kira alat mana yang sesuai dengan kondisi Kamu untuk merapihkan gigi.


Menggunakan Attachment


Biasanya menggunakan invisalign juga harus menggunakan attachmentnya. Attachment itu seperti bracket kawat gigi yang ditempel di gigi juga. Pada invisalign, attachment digunakan untuk membantu alat tersebut untuk merapihkan gigi lebih efektif. Jadi, dari luar invisalign juga bisa terlihat seperti behel.


Harus Digunakan 22 Jam Sehari


Invisalign harus dipakai minimal 22 jam sehari. Pada intinya, Kamu hanya harus melepasnya sebelum makan dan sebelum menggosok gigi. Itu artinya, Kamu tetap harus menggunakannya ketika sedang beraktivitas atau keluar rumah.


Menimbulkan Ketidaknyamanan pada Gigi


Ketika menggunakan invisalign baru, rasanya bisa tidak nyaman dan bahkan agak sakit. Meskipun dokter gigi biasa menyebut sensasi tersebut sebagai tekanan, rasa sakitnya tetap ada karena gigi sedang beradaptasi dengan invisalign baru. Kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat pereda rasa sakit.


Sedikit Rumit


Invisalign bisa cukup ribet untuk digunakan. Kamu harus selalu membukanya sebelum makan. Artinya, akan sedikit rumit kalau sedang makan di luar rumah.  Selain itu, biasanya pengguna invisalign diharuskan untuk menggosok gigi setiap setelah makan, sebelum memasang alatnya kembali ke dalam mulut. Itu artinya, Kamu harus menggosok gigi lebih dari 2 kali dalam sehari.