Berita Kesehatan
3 Komplikasi Akibat Gangguan Alergi Rhinitis
Rabu, 25 Okt 2017 12:47:29

Rhinitis atau peradangan dan iritasi yang terjadi di membran mukosa di dalam hidung, sebaiknya tidak diabaikan. Saat mengalami beberapa gejalanya seperti bersin-bersin dan hidung berair, segera periksakan diri Anda ke dokter. Rhinitis yang diabaikan dan terjadi berkepanjangan, dapat menimbulkan berbagai komplikasi. Rhinitis biasanya disebabkan oleh adanya alergi terhadap zat tertentu.



Beberapa komplikasi yang dapat ditimbulkan akibat rhinitis, adalah:



1. Sinusitis


Sinusitis adalah infeksi yang terjadi karena lendir dalam hidung tidak bisa mengalir dari sinus, akibat pembengkakan dan peradangan pada rongga hidung.



2. Infeksi telinga bagian tengah


Rhinitis yang berkepanjangan dapat menyebabkan infeksi pada bagian telinga yang terletak di belakang gendang telinga. Hal ini tentu saja dapat membahayakan pendengaran Anda.



3. Polip hidung


Polip hidung adalah jaringan yang tumbuh di dalam lubang rongga hidung dan sinus, akibat inflamasi pada lapisan dinding rongga hidung.
Agar komplikasi tersebut di atas tidak terjadi, Anda sebaiknya segera mengatasi rhinitis dengan tepat. Mengabaikan dan tidak mengantisipasinya, hanya akan merugikan kesehatan Anda.


Anda juga bisa mencegah terjadinya rhinitis dengan cara menghindari alergen yang menjadi penyebab rhinitis, menghindari lingkungan yang berpolusi atau terpapar asap rokok.