Berita Kesehatan
Gosok Gigi Tak Cukup, Ini 4 Vitamin yang Bikin Gigi Tetap Sehat
Kamis, 26 Okt 2017 20:05:44
Menyikat gigi merupakan cara mudah menjaga kesehatan mulut dan gigi. Namun seorang dokter asal Australia, Dr Steven Lin mengatakan bahwa menyikat gigi saja tidaklah cukup untuk mencegah gigi berlubang dan kerusakan enamel gigi yang membahayakan.

Agar gigi tetap sehat, juga diperlukan kecukupan vitamin penting untuk tubuh. Vitamin tersebut diantaranya adalah vitamin A, K2, D dan E. Pasalnya, apa yang dikomsumsi bisa menentukan kondisi kesehatan gigi Anda.

"Aku akan mengatakan sesuatu yang bisa mengejutkan Anda! Pasta gigi tidak begitu penting dibandingkan dengan nutrisi gigi yang tepat," papar Dr Lin seperti dilansir dari Daily Mail.

Dr Lin menambahkan setiap harinya banyak orang yang tidak mencukupi nutrisi harian yang dibutuhkan oleh gigi. Padahal, empat vitamin tersebut sangat dibutuhkan oleh gigi setiap harinya. Akibat kondisi ini, tak heran jika kondisi gigi tetap buruk meski Anda rutin menggosok gigi dua kali sehari.

Kekurangan vitamin A dijelaskan Dr Lin bisa memengaruhi produksi air liur dan menghilangkan bakteri berbahaya. Kelenjar air liur tidak dapat berfungsi dengan baik dan hal itu menyebabkan munculnya lubang di permukaan email. Sedangkan vitamin D, penting bagi pembentukan tulang yang kuat.

"Sebenarnya ada sedikit sistem kekebalan dalam gigi Anda yang disebut odontoblasts, yang mana sistem ini membutuhkan vitamin D. Ordontoblasts Anda adalah sel-sel gigi yang menghasilkan dentin dan sangat penting untuk regenerasi gigi," jelansya.

Sementara vitamin K2 merupakan pengaktif suplemen kalsium bagi gigi sehingga jika kekurangan vitamin ini gigi akan kekurangan kalsium. Vitamin yang kaya akan antioksidan dapat mengendakikan tingkat bakteri pada mulut, mengatur mikrobiom di mulut sehingga mikroba ini dapat menyimpan virus, jamur, dan bakteri.

"Makanya, sangat disarankan untuk mengonsumsi cukup mentega kaya vitamin K supaya penyerapan kalsium untuk gigi berjalan maksimal. Semakin cukup Anda mengonsumsi vitamin E, maka semakin baik juga pembunuhan mikroba jahat di gigi," pungkasnya.