Berita Kesehatan
Apa Bahayanya Bila Karang Gigi Dibiarkan Menumpuk?
Jumat, 14 Sep 2018 15:42:09

Karang gigi merupakan salah satu masalah yang terjadi pada banyak orang. Tidak sedikit orang yang mengganggap remeh adanya karang gigi di rongga mulut. Padahal karang gigi yang dibiarkan menumpuk dapat memicu timbulnya penyakit-penyakit. Penyakit tersebut tidak hanya timbul di rongga mulut tetapi juga di bagian tubuh lainnya.


Disebut juga dengan dental calculus, karang gigi adalah penumpukan plak yang mengandung bakteri yang berasal dari sisa-sisa makanan dan menempel di permukaan gigi, kemudian lama-kelamaan akan mengeras karena mengalami mineralisasi. Semakin lama dibiarkan, karang gigi dapat menumpuk hingga menutupi seluruh permukaan gigi.


Penyebab karang gigi

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya karang gigi, antara lain kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut, menyikat gigi yang kurang tepat, serta kondisi air liur. PH air liur yang tinggi dapat mempercepat terbentuknya karang gigi. Karena itu, kecepatan timbulnya karang gigi setiap orang dapat berbeda-beda.


Gigi yang tidak rapi, atau berjejal, juga dapat memicu timbulnya karang gigi karena terdapat daerah yang sulit untuk dijangkau oleh sikat gigi. Mengunyah hanya pada sisi karena kebiasaan atau terdapat gigi yang berlubang dapat juga menimbulkan timbunan karang gigi. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya stimulus air liur pada daerah yang tidak digunakan untuk mengunyah.


Karang gigi yang melekat hanya bisa dibersihkan dengan bantuan seorang dokter gigi. Tindakan ini biasa disebut scaling, dan melibatkan alat khusus untuk memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi. Dengan penggunaan yang benar, alat ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akarnya.


Akibatnya jika karang gigi dibiarkan

Karang gigi yang dibiarkan menumpuk akan menimbulkan masalah kesehatan pada rongga mulut. Tidak hanya itu, kesehatan organ tubuh lainnya juga dapat berpengaruh dengan adanya karang gigi.


Berikut dampak yang dapat disebabkan oleh karang gigi, yaitu:

1. Gigi goyang

Karang gigi yang menumpuk akan memicu peradangan pada gusi yang disebut gingivitis. Peradangan yang semakin parah dapat menyebabkan gusi menjadi mudah berdarah.

Gingivitis yang tidak segera ditangani akan menjadi periodontitis, Pada kondisi ini peradangan sudah menjalar hingga ke tulang penyangga gigi dan dapat menyebabkan gigi goyang.

2. Bau mulut (halitosis)

Salah satu pencetus terjadinya bau mulut adalah penumpukan karang gigi. Hal ini terjadi karena endapan sisa-sisa makanan yang tidak tersikat saat menggosok gigi sehingga terjadi pembusukan di dalam mulut.

3. Penyakit jantung

Membersihkan karang gigi bukan hanya berdampak pada kesehatan gigi, tetapi dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung karena mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan peradangan.

4. Diabetes

Peradangan pada gusi lebih rentan terjadi pada penderita diabetes. Oleh karena itu, penderita diabetes harus rajin merawat kebersihan gigi dan mulut agar tidak memperburuk keadaan.


Untuk mencegah karang gigi, jangan lupa untuk menggosok gigi dua kali sehari dengan cara yang tepat. Pembersihan pada sela-sela gigi dapat dilakukan menggunakan dental floss. Lakukan juga pemeriksaan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.