Berita Kesehatan
6 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Sakit Akibat Gigi Berlubang
Senin, 17 Sep 2018 09:16:49

Kata orang, sakit hati lebih baik daripada sakit gigi. Benarkah? Apakah sakit gigi terlalu menyakitkan sampai-sampai banyak orang tidak tahan dengan sakit gigi? Sakit gigi akibat gigi berlubang mungkin sangat menyakitkan. Anda bisa jadi malas makan saat mengalami hal ini. Namun, tenang dulu. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi gigi berlubang yang bisa Anda lakukan. Lihat penjelasannya lebih lanjut di sini.

Apa penyebab gigi berlubang?

Gigi berlubang disebabkan oleh banyaknya bakteri yang berkembang biak di mulut Anda. Bakteri ini menghasilkan asam yang dapat mengikis lapisan gigi sehingga gigi menjadi berlubang. Semakin dalam pengikisan lapisan gigi terjadi atau semakin dalam gigi berlubang, maka semakin terasa menyakitkan.

Perlu Anda ketahui bahwa gigi terdiri dari lapisan-lapisan.

  • Lapisan paling luar gigi disebut dengan enamel
  • Lapisan tengah gigi disebut dengan dentin
  • Pusat gigi berisi saraf dan pembuluh darah

Makan makanan manis dapat membuat gigi berlubang semakin parah. Hal ini karena gula yang menempel di gigi menjadi makanan bakteri. Sehingga, bakteri semakin banyak dan juga semakin banyak asam yang dihasilkan bakteri. Kondisi ini diperparah jika Anda jarang menyikat gigi. Gigi berlubang dapat menyebabkan nyeri, infeksi, sampai kehilangan gigi.

Bagaimana mengatasi gigi berlubang?

Sakit karena gigi berlubang tergantung pada tingkat keparahannya, sehingga mengatasi gigi berlubang pun tergantung kondisi sakit giginya. Jika gigi berlubang baru sedikit terjadi, mungkin Anda hanya butuh rajin menyikat gigi dengan pasta gigi fluoride. Pasta gigi fluoride mungkin dapat membantu mengatasi gigi berlubang agar tidak bertambah parah.

Namun, jika gigi berlubang sudah parah dan sudah membuat Anda merasakan sakit, Anda mungkin butuh untuk melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Periksakan segera gigi Anda ke dokter gigi

Terkadang, sakit gigi memang datang dan pergi begitu saja. Namun, jangan tertipu dengan hal itu. Anda harus segera memeriksakan gigi Anda ke dokter gigi secepatnya sebelum sakit gigi Anda bertambah buruk.

2. Kompres pipi Anda

Kompres pipi yang terasa sakit selama 10-15 menit dengan air dingin atau dengan es.

3. Meminum obat pereda sakit

Obat seperti acetaminophen atau ibuprofen dapat membantu meredakan sakit gigi Anda walaupun mungkin tidak sepenuhnya. Namun begitu, sebaiknya tidak menggunakan obat ini melebihi dosis yang dianjurkan. Ingat untuk selalu membaca petunjuk penggunaan obat sebelum memakainya. Jangan pernah menaruh obat pereda sakit langsung pada gigi atau gusi, ini dapat menyebabkan sensasi terbakar.

4. Gunakan minyak cengkeh

Minyak cengkeh mempunyai sifat antiseptik dan juga dapat bersifat anestesi. Sehingga, menggunakan minyak cengkeh dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang. Cara menggunakannya yaitu dengan menaruh kapas yang telah dicelupkan dalam minyak cengkeh di gigi yang sakit selama 10 detik.

5. Tetap sikat gigi secara teratur

Walaupun gigi Anda sakit, namun bukan berarti Anda tidak harus menyikat gigi. Anda tetap harus menyikat gigi secara teratur dua kali sehari agar gigi berlubang tidak bertambah buruk. Sikat gigi dengan air hangat mungkin dapat membantu Anda meredakan nyeri saat sikat gigi. Pilih juga sikat gigi berbulu lembut agar tidak terlalu menyakiti Anda.

6. Perhatikan pantangan makanan selama gigi berlubang

Jika Anda sedang sakit gigi karena gigi berlubang, Anda juga harus memerhatikan makanan yang Anda makan.

  • Jangan makan makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas. Gigi berlubang yang sakit biasanya sudah menyerang sampai lapisan dentin, sehingga gigi Anda menjadi lebih sensitif. Makan makanan dengan suhu ekstrem hanya akan membuat Anda merasa lebih sakit.
  • Hindari juga makan makanan yang tinggi gula dan sangat asam. Kedua makanan ini dapat membuat kondisi gigi berlubang Anda semakin buruk.