Berita Kesehatan
3 Makanan yang Dapat Mengurangi Resiko Kanker Paru
Selasa, 02 Okt 2018 08:22:45

Anda mungkin pernah mendengar sedikit tentang makanan yang dapat menurunkan risiko terkena kanker seperti kanker paru-paru. Tetapi bagaimana jika Anda sudah hidup dengan penyakit ini? Apa yang harus Anda makan untuk meningkatkan peluang demi kebaikan Anda ?

Ini bisa menjadi pertanyaan yang rumit karena kadang-kadang tergantung pada perawatan apa yang Anda terima. Contohnya termasuk kemoterapi dan terapi radiasi.

Tujuan dari perawatan ini adalah untuk menghilangkan sel-sel kanker, jadi apakah Anda benar-benar ingin makan diet tinggi zat yang melindungi sel-sel termasuk sel-sel kanker ?

Ada beberapa vitamin dan mineral yang mungkin Anda ingin hindari selama perawatan, sehingga perawatan yang Anda pilih bermanfaat. Yang mengatakan, ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan peluang menguntungkan secara keseluruhan.

Mari kita lihat beberapa makanan spesifik, fitokimia yang bertanggung jawab dan zat-zat yang dapat berinteraksi dengan sel kanker dengan mempercepat kematian sel kanker, menghambat kemampuan sel untuk menyebar dan mekanisme lainnya.

Makanan untuk Mengurangi Risiko Kanker Paru

Apa yang Anda makan dapat secara drastis memengaruhi banyak aspek kesehatan Anda, termasuk risiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Perkembangan kanker, khususnya telah terbukti sangat dipengaruhi oleh diet Anda.

Banyak makanan mengandung senyawa bermanfaat yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan kanker. Ada juga beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa asupan makanan tertentu yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan risiko penyakit yang lebih rendah. 

Artikel ini akan menyelidiki penelitian dan melihat makanan yang dapat menurunkan risiko kanker Anda diantaranya :

1. Brokoli

Senyawa pada sayuran silangan, seperti brokoli bisa mengurangi risiko kanker paru secara keseluruhan hingga sebesar 32 %, terutama pada wanita.

Jika Anda tidak suka dengan brokoli, jangan putus asa karena ada banyak alternatif lainnya seperti :

  • Kubis Brussel
  • Kembang kol
  • Selada air
  • Bok choy
  • Rutabaga
  • Arugula
  • Wasabi
  • Lobak
  • Kubis

2. Buah Apel

Sebuah studi besar yang diterbitkan di plos one menemukan asupan makanan flavonoid yang banyak terkandung di buah apel yang bisa menurunkan resiko kanker paru-paru Anda. Asupan flavonoid total, flavonol, flavon, flavanon serta flavonol quercetin dan kaempferol telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker. 

Bagi Anda yang belum pernah merokok, salah satu senyawa ini yang disebut flavanon, juga bisa menurunkan risikonya. Sementara seluruh bagian apel kaya akan senyawa ini, mereka sangat banyak terdapat di kulit apel.

3. Ikan

Makan ikan mungkin memiliki peran protektif melawan perkembangan kanker paru-paru. Tinjauan dan meta-analisis studi yang dilakukan hingga tahun 2012 menemukan bahwa konsumsi ikan yang tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kanker paru yang signifikan.

Mereka yang mengkonsumsi lebih banyak ikan memiliki sekitar 21 persen lebih rendah kemungkinan terkena kanker paru-paru.

Sekian dari pembahasan kali ini yang mengenai tentang Makanan Penurun Resiko Kanker Paru Paru, semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.