Berita Kesehatan
Cara Mengatasi Bau Mulut
Jumat, 26 Okt 2018 09:12:29

Kebersihan mulut dan gigi yang tidak dijaga dapat mengakibatkan napas berbau tidak sedap. Sisa makanan yang melekat pada gigi dan gusi akan berubah menjadi senyawa dengan bau menyengat oleh bakteri anaerob dalam mulut. Jika tidak dibersihkan secara rutin, bakteri akan menyebabkan pembentukan plak dan senyawa berbau khususnya jika makanan yang dikonsumsi mengandung protein dan sulfur.

1. Hindari Rokok

Rokok menjadi salah satu penyebab bau mulut, lho. Hal itu disebabkan karena senyawa tar dan nikotin di dalamnya. Senyawa kimia di dalam rokok juga memicu timbulnya plak pada gigi dan menyebabkan gingivitis atau perasangan pada gusi.

Tembakau juga akan membuat mulut kering dan meningkatkan temperatur di dalam mulut. Nah, kedua hal itu menyumbang mau dengan cara membiarkan bakteri berkembang biak. Jadi, hindari kebiasaan merokok yang juga tidak baik untuk paru-paru.

2. Hindari Dehidrasi

Kondisi mulut yang kering karena kelenjar saliva tidak menghasilkan air liur merupakan salah satu penyebab utama bau mulut. Air liur berfungsi sebagai zat yang melembapkan mulut, menetralkan asam, menghilangkan bakteri dan menyapu sel kulit mati pada lidah, gusi serta pipi disekitar rongga mulut.

Tanpa adanya air liur, bakteri penyebab bau mulut akan lebih mudah berkembang biak dan mengubah sisa makanan menjadi senyawa penyebab bau mulut. Maka dari itu, perbanyak minum air putih setiap hari agar mulut tidak kering dan menyebabkan bau.

3. Konsumsi Air dengan Campuran Lemon

Untuk mengatasi bau mulut kalian dapat mengonsumsi air yang dicampur dengan irisan lemon. Larutan air asam mempunyai efek menyamarkan bau mulut. Keasaman yang terkandung dalam lemon akan membantu melawan bakteri pada mulut yang menyebabkan bau.

Mengonsumsi air perasan lemon juga terkait dengan bau mulut yang disebabkan kekurangan cairan atau mulut kering. Kalian bisa mengonsumsinya sebelum tidur, agar air dapat melembapkan serta mengurangi bau mulut ketika bangun pagi. Dijamin napas ketika bangun pagi lebih segar dan tidak berbau.

4. Kunyah Parsley atau Daun Mint

Parsley merupakan bahan makanan yang banyak digunakan untuk menyingkirkan bau mulut tak sedap. Senyawa aktif di dalamnya seperti klorofil terbukti ampuh menghilangkan bau mulut pada penderita halitosis atau orang malodor.

Selain parsley, daun mint juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut, lho. Daun mint mengandung senyawa fenolik, bahan kimia yang ditemukan pada tumbuhan dan bereaksi langsung dengan senyawa yang membuat napas bau menghilang.

Untuk penggunaan parsley dan daun mint, kalian dapat mencampurkannya pada makanan atau camilan seperti yogurt dan salad. Selain itu, kalian bisa mengunyah parsley atau daun mint langsung. Napas akan lebih segar setelahnya.

5. Konsumsi Teh Hijau

Khasiat teh hijau memang sudah tidak diragukan lagi. Banyak penelitian yang telah membuktikan manfaat teh satu ini untuk mengatasi bau mulut. Penelitian di Mesir menyebutkan bahwa seseorang yang meminum teh hijau secara rutin memiliki jumlah bakteri dalam mulut yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.

6. Rebusan Air Jahe

Bahan alami selanjutnya yang dapat menghilangkan bau mulut adalah jahe. Bahan dapur ini diketahui mengandung senyawa antibakteri seperti gingerol yang ampuh membunuh bakteri dan mikroba lain yang menimbulkan masalah bau mulut.

Cara menggunakannya mudah. Kalian hanya perlu memarut jahe hingga halus, kemudian tambahkan air hangat. Setelah itu, saring ampas yang ada di dalam air. Jadikan air campuran tersebut sebagai obat kumur setiap hari. Lebih baik lagi jika kalian mengonsumsi air jahe tersebut.