Berita Kesehatan
Bahaya Karang Gigi Jika Tidak Lekas Dibersihkan
Sabtu, 27 Okt 2018 09:46:19
Karang gigi kerap kali menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pasien juga menjadi salah satu indikator tingkat kebersihan gigi dan mulut kita. Artikel ini secara singkat akan membahas sebenarnya apa dan bagaimana bisa terbentuknya karang gigi, bahaya yang dapat terjadi jika kita membiarkannya menumpuk di gigi kita, dan perawatan apa yang harus dilakukan jika sudah menumpuk di gigi kita. Yuk kita simak Bersama!

Apasih Karang Gigi Itu?

Karang gigi adalah suatu endapan keras yang berada di permukaan gigi berwarna mulai dari kuning-kekuningan, kecoklat-coklatan, sampai dengan kehitam-hitaman dan mempunyai permukaan yang kasar. Yang disebabkan oleh bakteri streptococccus dan anaerob yang akan mengubah glukosa dan karbohidrat pada makanan menjadi asam melalui proses fermentasi yang kemudian dari proses tersebut  akan membentuk  dental plak.

Bahaya Apa Saja Yang Dapat Terjadi Jika Karang Gigi Tidak Dibersihkan?

Apabila karang gigi tak kunjung dibersihkan akan berdampak buruk bagi kesehatan gigi dan gusi, karena jika didiamkan terus menerus akan menyebabkan penyakit periodontal yakni penyakit yang menyerang jaringan pendukung gigi seperti gusi, ligamen periodontal, dan tulang alveolar. Penyakit periodontal contohnya seperti gingivitis, periodontitis, dll. Selain penyakit periodontal, kemudian juga memiliki dampak bagi kesehatan secara umum.

  1. Stroke dan Jantung

Menurut penjelasan para ahli kardiologi, tindakan membersihkan karang gigi akan mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan inflamasi dan memicu penyakit jantung atau stroke.

Karang gigi terutama timbul pada daerah gigi yang sulit dibersihkan dan merupakan penyebab terbesar kedua hilangnya gigi, setelah gigi berlubang. Membersihkannya bukan hanya berdampak pada kesehatan gigi, tetapi akan mengurangi risiko terkena serangan jantung atau stroke karena dapat mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan inflamasi dan memicu penyakit jantung atau stroke.

  1. Memperparah diabetes

Pasien yang memiliki penyakit diabetes, karang gigi dapat menjadi penghalang kesembuhan. Alangkah lebih baiknya jika rajin-rajin menjaga kebersihan gigi dan mulut.

  1. Gigi Bisa Tanggal/ Lepas

Jika kita berbicara mengenai gigi, tentu tidak terlepas dari membicarakan jaringan penyangga gigi (jaringan periodontal). Jaringan periodontal ini yang menjadi tempat tertanamnya gigi. Jaringan ini terdiri dari gusi, sementum, jaringan pengikat tulang penyangga gigi (alveolar). Jaringan penyangga gigi inilah yang mengikat gigi, pembuluh darah dan persarafan menjadi satu kesatuan.

Bila sudah terjadi infeksi maka masalah lebih lanjut dapat  timbul. Penderita biasanya mengeluh gusinya terasa gatal, mulut berbau tak sedap, sikat gigi sering berdarah, bahkan gigi dapat lepas sendiri dari jaringan penyangga gigi.

  1. Nafas Pendek

Iritasi pada gigi yang di sebabkan oleh karang gigi juga dapat menyebabkan seseorang bernafas pendek-pendek sehingga mudah lelah.

  1. Sakit kepala

Sakit kepala yang disebabkan karena banyaknya terdapat karang gigi pada sebagian mulut seperti sebelah kiri sehingga kerja mulut sebelah kanan lebih berat dan dapat menimbulkan sakit kepala yang biasa nya terjadi pada kepala bagian belakang.

  1. Bau mulut

Tumpukan sisa makanan yang sudah terakumulasi bakteri sehingga pasti menyebabkan bau mulut. Selain itu, mulut yang kotor juga bisa jadi sumber infeksi sistemik seperti penyakit ginjal, pembuluh darah dan infeksi sinus.

Perawatan Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Pembersihan Karang Gigi?

Scaling gigi merupakan prosedur pembersihan karang gigi dengan menggunakan alat yang disebut dengan ultrasonic scaler. Alat khusus tersebut bekerja membersihkan sela-sela hingga bagian terdalam gigi dari gigi serta bagian garis gusi yang biasanya sulit dijangkau dengan sikat gigi. Scaling gigi sebaiknya rutin dilakukan minimal 6 bulan sekali agar kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut selalu terjaga.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya :D