Berita Kesehatan
Cara Mengatasi Telinga yang Tersumbat
Sabtu, 27 Okt 2018 17:10:49

Telinga yang tersumbat sering kali terasa seperti tekanan di dalam telinga dan kadang disertai nyeri, pusing, tinitus (telinga berdengung), serta kehilangan pendengaran ringan. Telinga tersumbat dapat diakibatkan oleh pilek, alergi, atau infeksi sinus. Selain itu, masalah ini juga dapat disebabkan oleh akumulasi tekanan selama penerbangan, selam skuba, atau perubahan ketinggian dengan cepat.


Untungnya, Anda bisa meredakan sumbatan ini dengan mengurangi tekanan pada telinga, mengatasi penyakit yang mendasarinya, ataupun membersihkan serumen telinga. Telinga yang tersumbat bukanlah sesuatu yang menyenangkan, tetapi Anda bisa mengatasinya dengan langkah-langkah berikut ini.


Meredakan dengan cepat

1. Telan sesuatu untuk membuka saluran eustachius.

Menelan akan membuat otot yang mengontrol saluran eustachius berkontraksi sehingga membuatnya terbuka. Anda mungkin akan mendengar suara "pop" saat sumbatan telinga terbuka.

- Mengisap permen bisa membantu Anda menelan.

- Jika Anda membawa bayi selama penerbangan, berilah ia empeng atau botol susu untuk membantunya menelan.


2. Menguaplah.

Sama seperti menelan, menguap akan membuat otot yang mengontrol saluran eustachius berkontraksi. Akibatnya, saluran ini akan membuka. Menguap lebih efektif dibandingkan menelan, tetapi lebih sulit dilakukan oleh beberapa orang.

- Jika telinga Anda tersumbat selama penerbangan, menguaplah saat pesawat naik dan turun.


3. Kunyah permen karet.

Mengunyah permen karet juga akan membuat otot pengontrol saluran eustachius berkontraksi sehingga membuatnya terbuka. Kunyahlah permen karet hingga terdengar suara "pop".


4. Embuskan udara melalui hidung perlahan-lahan.

Tutup mulut Anda, jepit lubang hidung hingga nyaris menutup. Setelah itu, embuskan udara perlahan-lahan melalui hidung. Dengarkan suara "pop". Jika Anda mendengarnya, berarti Anda berhasil.

- Teknik ini mungkin tidak berhasil membuka sumbatan telinga semua orang. Jika Anda masih gagal setelah mencoba teknik ini satu atau dua kali, sebaiknya cobalah cara lainnya.

- Cobalah teknik ini saat pesawat naik dan turun selama penerbangan untuk mencegah telinga Anda tersumbat.


5. Gunakan neti pot untuk membersihkan saluran sinus.

Anda bisa menggunakan neti pot untuk membersihkan saluran sinus sehingga meredakan gejalanya, termasuk juga sumbatan pada telinga. Isi neti pot dengan larutan steril atau air suling. Miringkan kepala sekitar 45 derajat kemudian letakkan ujung neti pot pada lubang hidung bagian atas. Tuangkan larutan perlahan-lahan ke lubang hidung tersebut hingga keluar dari lubang hidung bagian bawah.

- Embuskan udara melalui hidung, kemudian ulangi melalui lubang hidung lainnya.

- Larutan dalam neti pot dapat mengencerkan lendir sekaligus mengeluarkannya bersama bahan pengiritasi yang terperangkap dalam rongga hidung.

- Ikuti petunjuk pemakaian neti pot Anda secara saksama agar larutannya tidak sampai tertelan.