Berita Kesehatan
10 Hal Tak Terduga yang Bisa Memicu Mimisan
Jumat, 10 Nov 2017 16:57:28
Kadang tanpa disadari tiba-tiba saja darah bisa mengucur keluar dari dalam hidung. Orang-orang menyebutnya mimisan dan hal ini bisa disebabkan berbagai hal.

1. Udara yang terlalu kering dapat membuat lendir pelindung hidung juga ikut mengering. Dampaknya membran sensitif berisi pembuluh darah di dalam jadi lebih terpapar dan mudah pecah.

2. Ketika seseorang mengalami dehidrasi, fungsi tubuh untuk mengatur lendir pada hidung juga akan terganggu. Ditambah dengan suhu yang mungkin sedang panas maka resiko untuk pembuluh darah di dalam hidung pecah juga akan meningkat.

3. Artikel yang diterbitkan dalam British Medical Journal di tahun 2011 menyebut stres juga bisa jadi pemicu mimisan. Alasannya karena saat stres tekanan darah akan naik dan bagi mereka yang pembuluh darah hidungnya rapuh bisa pecah.

4. Sebagian orang mungkin gemas ingin selalu mencabut bulu yang keluar dari hidung. Nah hati-hati melakukannya karena bisa jadi melukai pembuluh darah dan memicu mimisan.

5. Orang yang suka mengorek hidung juga berisiko melukai membran pembuluh darah di hidung.

6. Pada beberapa kasus langka, mimisan bisa muncul sebagai tanda adanya tumor. Mimisan yang patut diwaspadai adalah yang terjadi berulang dan berlangsung lama.

7. Kadang pendarahan otak juga bisa muncul sebagai mimisan. Namun hal seperti itu menurut laporan peneliti di Ballenger's Otorhinolaryngology hanya sekitar 10 persen dari total seluruh kasus mimisan.

8. Orang yang pilek atau flu mungkin saja berkali-kali bersin atau meniup hidung kuat-kuat untuk mengeluarkan lendir. Hal ini disebut dokter bisa mengiritasi membran dan memicu mimisan.

9. Mereka yang punya alergi juga rentan mengalami mimisan. Ketika alergi muncul biasanya seseorang akan bersin-bersin dan hal inilah yang bisa jadi penyebab pecahnya pembuluh darah hidung.

10. dr Melisa Anggraeni, MBiomed, SpA dari Siloam Hospital menyebut faktor genetik bisa membuat seorang anak mengalami mimisan ketika sedang kelelahan akibat terlalu banyak beraktivitas.