Berita Kesehatan
Berikut Berbagai Penyebab Gigi Sensitif
Sabtu, 03 Nov 2018 08:57:59

Gigi ngilu saat minum dingin atau panas adalah keluhan umum pada orang yang memiliki gigi sensitif. Rasa nyeri atau ngilu pada gigi ini adalah respon terhadap rangsangan tertentu. Gigi sensitif mungkin jadi masalah sementara tapi bisa juga kronis, dan dapat memengaruhi satu gigi, beberapa gigi, atau semua gigi. Gigi sensitif bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang berbeda setiap orang. Apa saja penyebab gigi sensitif?

Berbagai penyebab gigi sensitif

Gigi sensitif terjadi akibat dari enamel gigi yang terkikis atau akar gigi yang terekspos. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab gigi sensitif, antara lain:

  • Menyikat gigi terlalu keras. Seiring waktu, menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi yang keras dapat mengikis enamel dan menyebabkan dentin (lapisan tengah gigi) terpapar. Hal ini juga dapat menyebabkan resesi gusi (jaringan gusi menarik diri dari gigi). Pilih sikat gigi yang bulunya lembut kalau Anda punya masalah gigi sensitif.
  • Resesi gusi. Ketika gusi bergerak menjauh dari gigi karena kondisi seperti penyakit periodontal (penyakit gusi), permukaan akar menjadi terbuka.
  • Penyakit gusi. Jaringan gusi yang meradang dan sakit dapat menjadi penyebab gigi sensitif karena jaringan pendukung gigi yang hilang, yang membuka permukaan akar yang mengarah langsung ke saraf gigi.
  • Kerusakan gigi, gigi patah, gigi retak, dan tambalan gigi yang sudah lama dapat menyebabkan dentin gigi terbuka. Jika hal ni terjadi, Anda mungkin hanya merasakan sensitivitas pada satu gigi atau daerah tertentu di mulut, bukan semua gigi.
  • Produk pemutih gigi atau pasta gigi dengan baking soda dan peroksida, yang merupakan penyebab gigi sensitif yang paling sering.
  • Penumpukan plak pada permukaan akar dapat menjadi penyebab gigi sensitif. Rutin sikat gigi minimal dua kali sehari untuk mencegah penumpukan plak.
  • Penggunaan obat kumur dalam jangka panjang. Beberapa obat kumur yang dijual bebas mengandung asam yang dapat membuat gigi semakin sensitif jika Anda terkena dentin. Asam lebih merusak lapisan dentin gigi. Perhatikan kandungan dan komposisi obat kumur Anda.
  • Makanan asam. Konsumsi makanan dengan kandungan asam tinggi secara berlebihan seperti buah jeruk, tomat, acar, dan teh, dapat menyebabkan erosi enamel gigi.
  • Perawatan gigi seperti menambal gigi atau memutihkan gigi. Dalam hal ini, kepekaan juga akan terbatas pada satu gigi atau gigi yang mengelilingi gigi yang menerima perawatan gigi. Biasanya gigi sensitif ini akan hilang dalam beberapa hari.

Yang bisa mendiagnosis penyebab gigi sensitif hanyalah dokter gigi Anda. Karena itu, bila selama ini Anda punya gigi sensitif, periksakan ke dokter gigi secara berkala dan hindari pantangan yang diberi tahu oleh dokter.