Berita Kesehatan
Cara Mengatasi Sakit tenggorok Berdasarkan Jenis-jenisnya
Selasa, 14 Nov 2017 09:02:40
Anda sakit tenggorok belakangan ini? Mungkin Anda dianjurkan untuk minum obat atau bahkan mengonsumsi suatu makanan tertentu. Namun ternyata, setiap gejala sakit tenggorok yang Anda alami, sebaiknya ditangani berdasarkan dengan penyebabnya. Setiap jenis sakit tenggorok, memiliki cara penyembuhan yang berbeda-beda. Lalu bagaimana cara mengatasi sakit tenggoroksesuai dengan penyebabnya?

Cara mengatasi sakit tenggorok sesuai dengan penyebabnya



Ada banyak hal yang bisa menyebabkan sakit tenggorok. Setiap sakit tenggorok tersebut, memiliki cara penanganan yang berbeda. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Sakit tenggorok akibat virus flu



Infeksi virus flu juga dapat menimbulkan gejala sakit tenggorok. Untuk mengetahui jenis virus yang menginfeksi tubuh, Anda membutuhkan pemeriksaan ke dokter. Sakit tenggorokyang parah, biasanya akan ditangani dengan pemberian obat antibiotik.

Namun, beberapa hal yang dapat membuat sakit tenggorokda membaik adalah:

- Minum teh dengan campuran madu dan lemon
- Menghindari makanan yang asam, seperti buah jeruk dan tomat
- Mengonsumsi obat pereda batuk
- Mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti paracetamol atau ibuprofen

2. Sakit tenggorok akibat radang tenggorok



Jika Anda mengalami radang tenggorok, maka sudah pasti akan menimbulkan rasa nyeri pada tenggorok. Cara mengatasi sakit tenggorokakibat radang adalah dengan mengonsumsi obat antibiotik yang akan diberikan oleh dokter. Biasanya, rasa sakit di tenggorokakan perlahan menghilang sekitar 24 jam setelah minum obat.

Anda juga dapat meringankan gejala dan menghilangkan bakteri di tenggorok dengan berkumur air garam beberapa kali sehari. Cukup siapkan larutan air garam kemudian kumur-kumur sambil mendongak, agar larutannya kena tenggorok. Kumur-kumur selama 30 detik lalu buang airnya, jangan ditelan.

Cara ini akan membantu membunuh bakteri atau zat asing yang membuat tenggorok anda infeksi. Jika setelah minum obat antibiotik dan berkumur dengan air garam Anda masih mengalami sakit tenggorok, sebaiknya segera konsultasi lagi ke dokter.

3. Sakit tenggorok akibat asam lambung naik



Anda punya penyakit asam lambung? Ya, asam lambung yang naik bisa menyebabkan tenggorok terasa panas hingga meradang. Hal ini disebabkan karena asam lambung yang bersifat asam dapat melukai dinding-dinding tenggorok. Bahkan dalam keadaan yang parah, sakit tenggorokakibat asam lambung naik bisa juga diiringi dengan gejala demam.

Bagaimana cara mengatasi sakit tenggorokjenis ini? Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengurangi rasa sakit dan menurunkan kadar asam lambung kembali. Jadi, pertama-tama Anda dapat meminum obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol atau ibuprofen untuk meringankan rasa sakit.

Kemudian, segera atasi asam lambung Anda yang sering naik. Usahakan untuk menghindari berbagai jenis makanan yang dapat memicu asam lambung Anda naik kembali seperti makanan yang asam dan pedas.

4. Sakit tenggorok akibat merokok



Jika Anda punya kebiasaan merokok, jangan heran kalau tenggorok anda akan sering terasa sakit. Merokok memang punya dampak buruk untuk kesehatan secara keseluruhan. Namun dalam hal ini, zat-zat kimia yang ada di rokok dapat membuat dinding-dinding tenggorokterluka. Bahkan dalam kasus yang parah, luka pada tenggorokini bisa berubah dan berkembang menjadi kanker tenggorok.

Bagaimana mengatasinya? Tentu, hal yang pertama kali Anda harus lakukan adalah berhenti merokok. Kemudian, Anda dapat mengatasi rasa sakit yang muncul dengan minum air putih dan mengonsumsi obat pereda rasa sakit.