Layanan THT

Skin Prick Test

Tes alergi adalah serangkaian tes yang dilakukan untuk mengetahui apakah Anda memiliki alergi terhadap suatu alergen / pencetus alergi atau tidak. Tes alergi ini sangat penting, karena dengan melakukan tes maka Anda bisa menjauhkan diri Anda dari alergen yang mengancam kesehatan.


Salah satu tes untuk mengetahui penyakit alergi adalah tes tusuk kulit atau skin prick test. Apa itu tes tusuk kulit? Jika mendengar kata tes tusuk kulit, Anda mungkin membayangan kulit Anda ditusuk dengan jarum. Sebenarnya kulit Anda memang akan ditusuk. Namun jangan khawatir, hal ini tidak akan terasa sakit atau nyeri.


Tes tusuk kulit dilakukan untuk mengetahui apakah Anda mengalami alergi terhadap beberapa alergen sekaligus seperti serbuk sari, jamur, bulu hewan, tungau, atau makanan tertentu. Biasanya, tes tusuk kulit dilakukan pada bagian lengan bawah.

Sebelum tes dilakukan, tim medis akan membersihkan lebih dulu bagian lengan bawah atau punggung agar lebih steril. Setelahnya, barulah dokter atau perawat menyuntik dan memberikan zat alergen yang dicurigai dalam kadar yang sangat sedikit pada area tersebut.


Hasilnya bisa dilihat dalam waktu 15 sampai 20 menit, ditandai dengan pembengkakan ataupun gatal. Jika hal itu terjadi, berarti Anda positif mengalami alergi terhadap zat alergen tersebut. Jika tidak, maka berarti Anda tidak alergi terhadap zat alergen yang ditusukkan.