Berita Kesehatan
Gagal Bersin Bikin Hidung Gatal Tak Karuan? 6 Cara Ini Patut Dicoba
Rabu, 08 Apr 2020 10:19:47

Ingin bersin tetapi tidak jadi bukanlah hal yang menyenangkan. Rasa gatal pada hidung yang kerap mengganggu akhirnya membuat Anda merasa tidak nyaman menjalankan sisa hari tersebut. Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara agar Anda dapat bersin dengan sendirinya.

Cara agar bisa bersin

Kondisi ini tentu saja bisa membuat Anda frustasi, terutama ketika ingin membersihkan saluran hidung atau hidung sedang tersumbat.

Yuk, silahkan dicoba tips-tips di bawah ini agar terlepas dari gangguan tersebut.

1. Menggunakan tisu

tisu yang aman

Selain untuk membersihkan cairan yang keluar dari hidung Anda, tisu juga dapat memicu agar Anda bisa bersin.

Caranya mudah, yaitu

  • Gulung tisu menjadi satu titik yang runcing
  • Masukkan sisi yang tajam tersebut ke dalam lubang hidung dan goyangkan sedikit

Cara ini dapat merangsang saraf trigeminal yang mengirimkan pesan ke otak Anda agar bisa bersin. Tidak jarang ketika Anda melakukan ini muncul sensasi menggelitik yang melanda di sekujur tubuh Anda.

Nah, Anda juga harus berhati-hati agar tidak terlalu dalam memasukkan ujung tisu ke lubang hidung supaya tidak melukai rongga hidung.

2. Menghadap ke cahaya yang terang

tidak jadi bersin gagal bersin

Salah satu cara agar Anda bisa bersin adalah melihat ke cahaya yang sangat terang. Sebenarnya, kondisi ini disebut sebagai bersin fotik dan biasanya diturunkan oleh keluarga Anda.

Walaupun cara ini tidak efektif bagi semua orang, tentu saja tidak ada salahnya untuk mencoba agar bisa menghilangkan gangguan pada hidung Anda ini. Sebelum melakukannya, Anda harus menutup mata terlebih dahulu sebelum menatap cahaya tersebut.

Hal ini dilakukan agar mata Anda tidak langsung terpapar cahaya dan membuat gangguan pada mata Anda.

3. Mencium rempah

lada hitam adalah

Mulai dari lada hitam, gilingan cabai, hingga ketumbar sebenarnya efektif untuk membuat Anda bersin. Pada berbagai jenis lada mengandung piperin. Nah, senyawa ini nantinya dapat mengiritasi selaput lendir hingga menyebabkan Anda bersin.

Jika di rumah terdapat toples berisi rempah-rempah yang sudah ditumbuk atau digiling, Anda bisa membuka dan menghirupnya. Selain itu, memasak menggunakan rempah sejenis capsaicin pun dapat memicu bersin.

4. Mengonsumsi cokelat hitam

coklat hitam menurunkan darah tinggi hipertensi

Kandungan kakaonya yang tinggi membuat cokelat hitam dapat dijadikan sebagai alternatif agar Anda bisa bersin. Cara ini biasanya ampuh untuk orang yang tidak memiliki alergi terhadap cokelat.

Penggunaan cokelat hitam sebagai cara agar bersin ternyata juga masuk dalam kategori bersin fotik. Walaupun belum ada penelitian yang lebih jelas mengenai hal ini, tidak ada salahnya untuk mengunyah cokelat hitam agar rasa gatal pada hidung hilang.

5. Memijat bagian pangkal hidung

tulang hidung bengkok

Memberikan pijatan pada pangkal hidung Anda ternyata ampuh sebagai cara untuk bersin. Cobalah untuk menekan pangkal hidung Anda dengan gerakan ke bawah. Lakukan hal ini sampai Anda merasakan sensasi menggelitik di belakang hidung.

Eits, tetapi tidak boleh terlalu keras ya memijatnya. Cukup menekan pangkal hidung secukupnya dan cairan di hidung Anda pun bisa keluar dengan lancar.

6. Memijat langit mulut dengan lidah

mengatasi lidah panas

Selain pangkal hidung, Anda bisa memijat langit-langit mulut dengan lidah. Hal ini dinilai cukup efektif karena memicu saraf trigeminal yang ada di langit mulut.

Anda bisa melakukannya dengan menekan ujung lidah pada mulut bagian atas. Kemudian, Anda pun harus mencari-cari tahu posisi mana yang bisa memicu Anda bersin.

Cara agar Anda bisa bersin ini memang dapat meredakan gangguan pada hidung Anda yang tidak jadi bersin. Akan tetapi, apabila hal ini berlangsung secara terus menerus dan menyebabkan Anda tidak dapat bersin, silahkan periksakan ke dokter.