Berita Kesehatan
5 Penyakit Paru-Paru yang Perlu Diwaspadai, Kenali Cara Mencegahnya
Selasa, 23 Jun 2020 14:43:30

Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh manusia yang berfungsi untuk mengolah udara yang masuk dengan memisahkan oksigen dengan karbon dioksida. Seseorang yang terbiasa menghirup udara kotor serta dikelilingi dengan asap rokok dapat meningkatkan berbagai macam penyakit paru-paru.

Paru-paru merupakan organ vital bagi tubuh manusia, oleh karena itu perlu kita jaga kesehatannya. Beberapa penyakit paru-paru seperti asma dan bronkitis dapat terjadi apabila seseorang tidak menjaga kesehatan paru-parunya.

Lantas apa saja jenis penyakit paru-paru dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini.

Jenis Penyakit Paru-Paru

Paru-paru merupakan salah satu organ penting yang dimiliki oleh manusia. Melalui paru-paru, seseorang dapat menjalankan sistem pernapasan. Seseorang yang mengalami gejala sesak napas dan batuk berkepanjangan, bisa menjadi gejala penyakit paru-paru.

Seseorang yang memiliki beberapa gejala seperti di atas, sebaiknya melakukan upaya pencegahan sejak dini. Dilansir dari Medical News Today, berikut ini beberapa jenis penyakit paru-paru yang paling umum dirasakan penderita.

1. Bronkitis

Penyakit paru-paru yang paling umum dialami penderita ialah bronkitis. Penyakit ini merupakan peradangan yang terjadi pada bronkus atau percabangan saluran udara yang menuju paru-paru. Penyakit paru-paru jenis ini umumnya disebabkan oleh terinfeksi virus yang ditularkan melalui percikan dahak dari penderita.

2. Asma
Asma merupakan salah satu penyakit paru-paru yang ditandai dengan gejala sesak napas akibat adanya peradangan serta penyempitan saluran pernapasan. Seseorang yang mengalami penyakit asma umumnya memiliki saluran pernapasan yang sensitif. Sehingga hal ini dapat memicu terjadinya peradangan serta pembengkakan pada saluran pernapasan.

3. Pneumonia

Selain asma, penyakit paru-paru yang sering dialami penderita ialah pneumonia atau paru-paru basah. Penyakit ini ditandai dengan adanya cairan atau nanah di dalam paru-paru. Hal ini disebabkan karena saluran pernapasan terinfeksi virus, bakteri, atau jamur.

4. Tuberkulosis

Tuberkulosis merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh infeksi bakteri Myobacterium tuberculosis. Penyakit paru-paru ini ditandai dengan beberapa gejala, salah satunya batuk berdahak secara terus menerus. Tuberkulosis juga dapat ditularkan melalui percikan dahak atau bersin dari penderita.

5. Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) merupakan peradangan paru kronis yang menimbulkan terjadinya gangguan aliran udara yang menuju paru-paru. Jenis penyakit paru ini disebabkan karena paparan polusi asap jalanan atau rokok dalam jangka panjang. Seseorang yang mengalami penyakit ini akan merasakan nyeri pada paru-paru akibat peradangan.

Cara Mencegah Penyakit Paru-Paru

Paru-paru merupakan organ penting yang dimiliki manusia, oleh karena itu kebersihan paru-paru senantiasa harus dijaga. Berikut ini beberapa cara membersihkan paru-paru agar tidak mudah terserang penyakit paru-paru.

1. Olahraga Secara Teratur

Salah satu cara membersihkan paru-paru dengan olahraga secara teratur. Seseorang yang rutin melakukan olahraga dapat berfungsi efektif dalam menjaga kesehatan paru-paru.
Menurut beberapa penelitian, seseorang yang melakukan olahraga secara teratur dan didampingi dengan mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu proses restorasi paru-paru. Sehingga hal ini berperan penting dalam proses penyembuhan bagi seseorang yang memiliki penyakit kronis.

2. Mengonsumsi Buah Apel
Cara mencegah penyakit paru-paru secara alami berikutnya ialah mengonsumsi buah apel. Beberapa kandungan yang terdapat pada apel dipercaya efektif untuk membersihkan paru-paru.

Dilansir dari laman Healthline, apel memiliki kandungan vitamin C yang berperan penting dalam menjaga sistem pernapasan. Di samping itu, kandungan vitamin C juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.