Berita Kesehatan
Tips Gigi Putih dalam Waktu Singkat Secara Permanen
Jumat, 26 Jun 2020 10:22:13

Gigi pasti mulai menguning karena usia, tetapi berbagai strategi dapat memperlambat proses dan bahkan membalikkannya. Sementara alat pemutih gigi sudah tersedia di sebagian besar apotek, banyak obat alami dapat membantu menghilangkan noda dan melindungi email gigi.

Mengapa Gigi Menguning?

Gigi menguning karena dua alasan, yang keduanya cenderung bertambah dengan bertambahnya usia:

Penipisan Enamel

Lapisan luar gigi terdiri dari enamel, yang berwarna hampir putih dan melindungi struktur gigi yang lebih dalam. Di bawah enamel adalah lapisan jaringan yang disebut dentin, yang berwarna kuning-cokelat. Ketika lapisan enamel menipis atau aus, gigi mulai terlihat lebih gelap. Makanan asam, penyakit gusi, dan penuaan dapat merusak enamel gigi. Beberapa orang juga memiliki enamel yang secara alami lebih tipis.

Noda

Makanan dan minuman tertentu, seperti kopi, dapat menodai gigi. Beberapa makanan yang menodai gigi juga dapat merusak enamel, meningkatkan kekuningan. Sumber noda lain termasuk produk merokok dan tembakau dan antibiotik jenis tertentu.

Cara memutihkan gigi secara alami

Strategi berikut dapat membantu memutihkan gigi:

1. Membuat perubahan diet

Menghilangkan makanan yang menandai gigi bisa mencegah noda lebih lanjut. Makanan dan minuman yang mengandung tanin, seperti anggur dan teh, bisa menodai gigi. Kopi dan soda gelap dan jus juga bisa menodai mereka.

Makanan yang asam bisa membuat gigi terlihat kuning dengan menurunkan enamel. Orang yang peduli dengan warna gigi mereka harus menghindari konsumsi jeruk, kopi, dan soda yang berlebihan. Atau, mereka harus selalu menyikat gigi setelah memilikinya.

Dokter gigi umumnya merekomendasikan menunggu 30 menit setelah makan sebelum menyikat gigi. Asam dapat melemahkan enamel, jadi menyikat terlalu cepat dapat menyebabkan kerusakan.

Berhenti merokok atau produk tembakau dapat mengurangi risiko noda nikotin. Ini juga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi, yang keduanya dapat merusak enamel dan menyebabkan masalah kesehatan mulut.

2. Mencoba Menggunakan Minyak

Oil pulling adalah istilah untuk mencuci mulut dengan minyak untuk menghilangkan kotoran, bakteri, dan sisa makanan. Ini bukan pengganti untuk menyikat gigi secara teratur atau flossing, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa mencuci mulut dengan minyak tertentu dapat membantu memutihkan gigi.

American Dental Association (ADA) menganggap penarikan minyak sebagai perawatan gigi yang tidak konvensional, dengan menyatakan, "tidak ada studi ilmiah yang dapat diandalkan untuk menunjukkan bahwa penarikan minyak mengurangi lubang gigi, memutihkan gigi, atau meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mulut."

Untuk mencoba metode ini, bilas mulut dengan minyak selama satu menit setelah menyikat, lalu keluarkan.

Minyak yang cocok untuk menarik minyak meliputi:

-  Minyak kelapa
-  Minyak bunga matahari
-  Minyak wijen


3. Menyikat dengan baking soda

Soda kue bisa dengan lembut menghilangkan noda pada permukaan gigi. Beberapa orang khawatir bahwa soda kue terlalu keras dan dapat mengikis enamel, tetapi penelitian dari 2017 menemukan itu cara yang aman untuk menghilangkan noda.

Soda kue juga dapat membantu melawan bakteri, yang menunjukkan bahwa ia dapat mengurangi plak dan mencegah kerusakan gigi.


4. Menggunakan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida adalah pemutih ringan yang dapat membantu memutihkan gigi yang ternoda. Untuk memutihkan yang optimal, seseorang dapat mencoba menyikat dengan campuran soda kue dan hidrogen peroksida selama 1-2 menit dua kali sehari selama seminggu. Mereka biasanya hanya melakukan ini sesekali.

Hidrogen peroksida dapat meningkatkan sensitivitas gigi, sehingga tidak cocok untuk penggunaan jangka panjang atau untuk orang yang sudah memiliki gigi sensitif.


5. Pemutih dengan buah

Papain dan bromelain, yang merupakan enzim yang terjadi pada pepaya dan nanas, dapat membantu memutihkan gigi.

Sebuah studi studyTrusted 2012 menemukan bukti awal bahwa solusi yang mengandung bahan-bahan ini dapat menawarkan efek pemutihan yang sederhana. Namun, penulis penelitian mengingatkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah enzim ini efektif atau tidak.