Berita Kesehatan
Kini Ada Pojok Vaksin Covid-19 dan Vaksinasi Drive Thru di Malang
Sabtu, 02 Okt 2021 16:01:58

Untuk mempermudah masyarakat mendapatkan vaksinasi covid-19, Polresta Malang Kota meluncurkan dua inovasi berupa Pojok Vaksin dan Vaksinasi Drive Thru.

Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto mengatakan, inovasi itu diciptakan sebagai langkah percepatan vaksinasi nasional sekaligus upaya mencapai herd immunity di wilayah Kota Malang.

"Vaksinasi Drive Thru telah kami launching bersamaan dengan Polres Batu dan Polres Malang di Mapolres Malang pada Jumat (1/10/2021). Saat ini, kami juga merencanakan Pojok Vaksin untuk masyarakat yang mengakses layanan vaksinasi Polresta Malang Kota, dan belum mendapatkan dosis vaksin sama sekali," ujarnya, Sabtu (2/10/2021).

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Malang Kota, AKP Yoppi Anggi Khrisna menjelaskan secara detail, terkait inovasi layanan vaksinasi drive thru.

"Untuk mekanismenya di Kota Malang, kami siapkan di parkiran luar Stadion Gajayana. Dan seperti layanan-layanan drive thru pada umumnya, mulai dari screening kesehatan sampai penyuntikan vaksin dilakukan tanpa harus turun dari kendaraan," jelasnya.

Setelah mendapatkan suntikan vaksin, peserta diarahkan ke lokasi parkir untuk observasi.

Setelah 10-15 menit dirasa tidak ada KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi), maka akan diberikan kartu vaksin dan bisa langsung meninggalkan lokasi vaksin.

Dan di layanan vaksinasi drive thru tersebut, Polresta Malang Kota akan menyiapkan sebanyak 100 dosis vaksin.

"Untuk jenis vaksin yang kami berikan, ada yang Sinovac dan ada juga yang AstraZeneca (AZ). Tergantung dari ketersediaan vaksin yang ada di kami," tambahnya.

Yoppi juga menerangkan, pendaftaran vaksinasi Drive Thru ini bisa melalui nomor WhatsApp SIMPATI Makota.

Atau bisa datang langsung ke lokasi, dan akan langsung dilayani apabila dosis vaksin pada saat itu masih tersedia.

"Untuk di Kota Malang, rencananya kami terapkan minggu depan. Jadwal hari dan waktunya, akan kami sosialisasikan kembali. Dan layanan vaksinasi drive thru ini, untuk orang dewasa saja, belum untuk anak usia 12 tahun keatas," tandasnya