Berita Kesehatan
Cara Mencegah Paru-Paru Basah, Mulai dari Gaya Hidup sampai Jenis Infeksinya
Sabtu, 21 Jan 2023 14:27:04

“Kebanyakan orang tidak menyadari telah mengalami paru-paru basah. Sehingga kondisi terlambat ditangani. Deteksi dini bisa membantu kamu melakukan tindakan pencegahan awal.”

Jakarta –  Paru-paru basah atau pneumoniaadalah infeksi yang terjadi pada salah satu atau kedua paru-paru. Infeksi ini disebabkan oleh mikroorganisme, termasuk bakteri, jamur, atau virus yang memicu inflamasi pada kantong-kantong udara atau pada alveolus di salah satu bagian paru-paru, atau bahkan keduanya.

Inflamasi ini akan membuat paru-paru dipenuhi oleh cairan atau nanah. Penyakit paru-paru basah bisa dicegah dengan melakukan pola hidup sehat. Tidak merokok dan mengurangi konsumsi minuman beralkohol adalah dua cara yang disarankan. Untuk informasi selengkapnya, silakan baca di sini!

Mencegah Paru-Paru Basah dengan Mengetahui Penyebabnya

Ada beberapa tindakan lain yang bisa dilakukan untuk mencegah paru-paru basah, yaitu:

  • Menjaga kebersihan dengan mencuci tangan secara rutin dan menggunakan masker. Tindakan ini bertujuan guna menghindari penularan kuman dari orang yang satu ke lainnya atau ke benda yang disentuh.
  • Menutup mulut dan hidung dengan sapu tangan ketika bersin.
  • Membuang tisu atau alat pembersih lain pada tempatnya untuk mencegah timbulnya kuman yang bisa menyerang mulut dan hidung manusia.

Penyakit paru-paru basah tidak datang dengan sendirinya. Infeksi paru-paru basah terjadi sesuai dengan jenis yang menginfeksinya. Mengetahui infeksi yang menyebabkannya, dapat membantu mencegah terkena penyakit ini.

Paru-Paru Basah Akibat Bakteri

Penyakit paru-paru basah yang disebabkan oleh bakteri menyerang segala usia dan rentan berkembang setelah pengidap mengalami sakit pilek atau flu yang parah. Bakteri yang menyebabkan paru-paru basah yakni Streptococcus pneumoniae. Selain itu ada pula Legionella pneumophila, dan Mycoplasma  pneumonia.

Paru-Paru Basah Akibat Virus

Pada banyak kasus, pemicu paru-paru basah disebabkan karena virus yang sering menyerang anak-anak dan lansia. Harus diwaspadai jika virus flu bisa memperparah kondisi pneumonia, apalagi bila terjadi pada pengidap gangguan jantung, ibu hamil, dan paru-paru.

Paru-Paru Basah Akibat Mikoplasma

Jenis pneumonia ini sering dijumpai pada orang-orang dengan masalah kesehatan yang kronik atau dengan sistem imun yang lemah.

Pneumonia Tipe Lain

Penyakit pneumonia tipe lain sering kali menyerang seseorang yang sistem imun yang sedang menurun. Seperti pneumonia pneumocystis carinii, menyerang pengidap human immunodeficiency virus atau HIV/AIDS dan tuberkulosis.

Deteksi Dini Ciri Paru-Paru Basah untuk Tindakan Pencegahan Awal

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa telah mengidap paru-paru basah. Alhasil, kondisi kian menurun dan terlambat ditangani. Deteksi lebih dini akan membantu melakukan tindakan pencegahan awal. 

Terdapat ciri-ciri yang  dapat menimbulkan sejumlah gangguan, seperti :

  • Batuk berdarah.
  • Batuk kering atau disertai dahak dan mengi.
  • Demam tinggi di atas 39 derajat celcius.
  • Demam, menggigil, dan sering berkeringat.
  • Jantung berdebar.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Kerap merasa linglung.
  • Mual dan muntah.
  • Napas cepat dan kesulitan bernapas.
  • Nyeri dada yang bertambah parah ketika batuk.
  • Nyeri otot.
  • Warna kulit membiru karena kekurangan oksigen.

Bila kamu mengalami gejala paru-paru basah seperti yang dijelaskan di atas, segeralah diskusikan kepada dokter.

Referensi:
The Permanente Medical Group. Diakses pada 2022. Wet Lungs in Newborns (Transient Tachypnea).
Very Well Health. Diakses pada 2022. What Is Wet Lung?
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to know about acute respiratory distress syndrome.