Berita Kesehatan
Permen Karet Bebas Gula untuk Gigi
Rabu, 27 Sep 2023 11:14:31

Permen sering jadi kambing hitam gigi bolong, termasuk permen karet. Namun, sebuah penelitian menyebutkan bahwa permen karet bebas gula memiliki manfaat terjadap kesehatan gigi dan mulut Anda. Apa saja?

Manfaat permen karet bebas gula: mengurangi karies gigi

manfaat xylitol

Pada tahun 2015, terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet bebas gula selama 10 menit dapat mengurangi bakteri pada mulut sehingga mencegah terjadinya karies gigi.

Berkurangnya risiko karies gigi karena konsumsi permen karet bebas gula disebabkan oleh stimulasi air liur selama proses mengunyah.

Selain itu, kandungan sukrosa yang rendah serta ketidakmampuan bakteri mulut memecah poliol (pemanis buatan, seperti xylitol atau sorbitol) dalam permen karet bebas gula menjadi asam juga berperan meningkatkan kesehatan gigi. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguji hal ini. 

Manfaat lain permen karet bebas gula untuk kesehatan gigi

1. Mengurangi risiko erosi gigi

cara merawat gigi agar putih

Erosi gigi adalah sebuah kondisi ketika enamel gigi terkikis karena kondisi asam. Apabila enamel mulai terkikis, dentin yang berada di bawah lapisan gigi akan terlihat dan membuat gigi lebih sensitif terhadap rasa sakit. 

Salah satu cara agar enamel gigi tidak hilang adalah dengan memproduksi air liur. Salah satu caranya adalah dengan mengunyah permen karet bebas gula.

Dengan mengunyah permen karet, saliva akan menggantikan mineral yang telah terkikis dari enamel.

2. Mengatasi masalah mulut kering dan bau

tips mencegah bau mulut

Selain mengurangi erosi dan karies gigi, manfaat permen karet bebas gula lainnya adalah mengatasi masalah bau mulut dan mulut kering. Kedua kondisi tersebut terjadi akibat kurangnya aliran air liur.

Permen karet, terutama yang bebas gula, dapat meningkatkan produksi air liur. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari bau mulu. 

Selain itu, kandungan mint yang sering ditemukan pada permen karet juga dapat membantu mengatasi bau mulut yang mengganggu Anda dan orang sekitar. 

Itu sebabnya, permen karet dengan kandungan gula yang minim atau bahkan tak ada ini bisa membantu Anda mengatasi masalah bau mulut. 

Cara mengoptimalkan manfaat permen karet bebas gula

mengunyah permen karet

Meski bisa membawa manfaat, Anda tetap harus berhati-hati mengonsumi permen karet yang satu ini. Sebab, salah-salah, bukannya membawa manfaat, permen karet bebas gula malah bisa membawa masalah baru.

American Dental Association menginformasikan mengenai cara yang tepat untuk makan permen karet ini agar bisa mendapat manfaatnya secara maksimal, antara lain: 

  • Pilihlah permen karet bebas gula yang memiliki komposisi aspartame, xylitol, sorbitol atau mannitol. 
  • Tetap menyikat gigi dan membersihkan gigi secara rutin meskipun sudah mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet tetap tidak akan dapat membuat gigi Anda sebersih jika menyikat gigi.

Meski masih membutuhkan penelitian penunjang lainnya, tetap ada bukti yang menunjukkan bahwa permen karet bebas gula memiliki manfaat, seperti menetralkan kondisi asam di dalam mulut sehingga mengurangi risiko kerusakan gigi.

Namun ingat, mengunyah permen karet tidak dapat menggantikan kewajiban menyikat gigi. Sikatlah gigi Anda secara rutin, minimal dua kali sehari, demi menjaga kesehatan gigi dan mulut.