Berita Kesehatan
11 Perbedaan Tambal Gigi Sementara dan Permanen
Kamis, 09 Apr 2020 12:02:10

Saat gigi rusak atau berlubang, tambal gigi bisa menjadi suatu solusi untuk mengembalikan struktur gigi dan fungsinya. Beberapa dari kerusakan gigi biasanya diakibatkan makanan yang menyebabkan gigi berlubang atau ada penyebab gigi rusak yang lainnya.

Padahal sebelum gigi rusak, sebaiknya kita mengetahui cara mengatasi gigi berlubang parah. Sebelum gigi ditambal, pastikan terlebih dahulu apa saja manfaat tambal gigi. Selain itu, kita juga harus memahami perbedaan tambal gigi sementara dan permanen. Perbedaan sangat jelas dari dua tambal gigi ini adalah sebagai berikut :

Tambal Gigi Sementara

Tambal gigi sementara berupa cara penambalan bersifat sebentar. Jangka waktu sebentar ini tergantung gigi yang rusak biasa, parah atau sangat parah. Kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis jenis penyakit gigi. Umumnya tambal gigi sementara  berfungsi atau bertujuan untuk tambal gigi permanen.

Kelebihan

  1. Dapat merawat gigi sebelum tambal gigi permanen

Tambal gigi yang bersifat sementara, setidaknya memudahkan dokter memusnahkan bakteri pada gigi berlubang. Perawatan ini juga berfungsi membantu pada perawatan saluran akar dimana gigi bisa dicegah untuk tidak dicabut.

  1. Mencegah masuknya bakteri

Selama masa perawatan, terkadang infeksi mencoba muncul akibat bakteri. Pada tambal gigi sementara, bakteri akan dicegah karena gigi ditambal secara sementara.

  1. Mengurangi rasa nyeri

Didalam gigi yang berlubang, ada jaringan saraf yang menimbulkan rasa nyeri. Tambal gigi sementara berfungsi mengurangi rasa nyeri tersebut.

Kekurangan

  1. Tambalan mudah retak atau rontok

Jika gigi sudah ditambal sementara, alangkah baiknya gigi tersebut ditambal dengan tambal permanen. Tambal sementara berfungsi untuk memudahkan dokter membongkar gigi yang rusak. Tambalan sementara mudah larut dan lebih lunak oleh cairan mulut dan aktivitas mengunyah. Hal ini membuat tambalan mudah retak atau rontok bahkan hilang, lubang gigi kita bisa terinfeksi dan gigi bisa rusak.

  1. Efek tambalan gigi sementara terkadang sakit

Tambal gigi sementara dapat memproses perawatan akar. Hal ini terjadi apabila gigi berlubang terinfeksi hingga rongga pulpa gigi dan saraf gigi. Menjadi wajar efek tambalan sementara dirasa sakit, jika infeksi bisa mencapai saraf gigi

  1. Tambal dilakukan lebih dari satu kali

Perawatan gigi berlubang yang sudah parah harus ditambal lebih dari satu kali. Jika tidak dilanjutkan, gigi bisa rapuh dan semakin berlubang. Oleh sebab itu, ketahui lebih dulu cara menghilangkan gigi berlubang besar.

Tambel permanen

Ada fungsi dan perbedaan tambal gigi sementara dan permanen. Tambal gigi permanen dimaksudkan penambalan yang sifatnya jangka panjang.  Waktu jangka panjang tersebut bisa dikatakan selama bertahun-tahun. Tambal permanen ialah hasil dari perawatan tambal gigi sementara yang dilakukan beberapa kali.

Kelebihan

  1. Tahan lama

Tambal gigi permanen tahan lama bahkan bisa seumur hidup. Akan tetapi, kita perlu merawat gigi setelah ditambal. Hal ini membuat gigi benar-benar terawat secara maksimal.

  1. Terdapat berbagai jenis tambal gigi berdasarkan bahannya

Berbagai variasi tambal gigi permanen memudahkan kita memilih (sesuai anjuran dokter) jenis tambal gigi. Adapun jenis bahan tambal gigi tersebut seperti amalgam, komposit resin, emas kuning serta logam dan porselen.

Kekurangan

  1. Tidak bisa langsung dilakukan ketika gigi berlubang parah

Jika gigi berlubang parah, tambal gigi permanen belum bisa dilakukan. Gigi berlubang tersebut harus dilakukan penangan tambal sementara terlebih dahulu.

  1. Biaya lebih mahal

Biaya tambal gigi permanen sudah dipastikan lebih mahal. Pengeluaran tambal gigi permanen berkisar 300.000 rupiah hingga jutaan rupiah. Jenis-jenis tambal gigi yang beraneka ragam membuat biaya tambal gigi permanen lebih mahal daripada tambal gigi sementara

  1. Tambal gigi permanen bisa juga lepas

Pada dasarnya tambal permanen sudah bagus untuk merawat gigi. Akan tetapi, jika kita tidak bisa merawatnya tambal gigi permanen bisa lepas. Biasanya, tambal gigi permanen lepas kemungkinan posisi tambal gigi bergeser. Jika kerusakan pada bagian mengunyah, tambalan terus ditekan secara terus menerus. Adapun terjadinya didekat pipi atau bibir, daerah ini mengandung banyak liur yang menyulitkan perlekatan tambalan.

Nah jika kalian sudah tahu, perbedaan tambal gigi sementara dan permanen, segera lakukan kunjungan ke dokter. Jika masih ragu atau takut ke dokter bisa mencoba cara menghilangkan lubang gigi secara alami. Namun demi mengatasi masalah gigi berlubang, dokter gigi menjadi solusi agar gigi bisa tetap sehat. Makan dan mengunyah bisa terasa nikmat kembali.