Berita Kesehatan
Cara Memilih Sikat Gigi untuk Gigi Sensitif
Jumat, 15 Mei 2020 14:12:40

Setiap masalah gigi membutuhkan perawatan yang sesuai sehingga kesehatan gigi dapat terjaga dengan baik. Begitu pula untuk merawat gigi sensitif, Anda perlu teliti dalam memilih sikat gigi yang tepat. Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

Memilih sikat gigi yang tepat untuk gigi sensitif

Semua orang ingin kebersihan dan kesehatan giginya terjaga dengan baik. Untuk mewujudkannya, beberapa orang juga melakukan perawatan gigi untuk mendapatkan hasil terbaik. Namun, perawatan gigi yang terlalu sering, seperti bleaching atau scaling bisa meningkatkan sensitivitas pada gigi. 

Sebuah penelitian di dalam jurnal Gelsbleaching adalah perawatan yang kerap dipilih pasien untuk memperbaiki estetika atau keindahan tampilan pada gigi. Bleaching bertujuan untuk memutihkan gigi yang salah satu efek sampingnya adalah gigi hipersensitif. Perawatan gigi perlu dilakukan secara hati-hati, terutama untuk pasien yang sebelumnya memang sudah memiliki gigi sensitif.

Di samping perawatan gigi, terdapat juga penyebab lain gigi sensitif, seperti konsumsi minuman atau makanan tertentu (tinggi gula, soda, dan bersifat asam), resesi gusi, penumpukan plak, dan lainnya.

Maka itu, perawatan gigi sensitif sebaiknya perlu diperhatikan dengan teliti. Salah satunya dalam memilih sikat gigi. Bila Anda memiliki kondisi gigi sensitif, ini saat yang tepat untuk tahu bagaimana cara memilih bulu sikat gigi.

Pilih bulu sikat lembut

Ada berbagai macam bulu sikat gigi yang dijual di pasaran. Mulai dari tekstur bulu sikat kasar hingga halus. Untuk merawat gigi sensitif, lebih baik pilih bulu sikat gigi yang lembut agar tidak melukai gusi dan tetap bisa menjaga kesehatan gigi secara optimal.

Mungkin banyak yang mengira bahwa pemilihan sikat gigi dengan bulu sikat kasar menjadi cara terbaik untuk mengatasi dan mencegah plak gigi. Meskipun sebagian masalah gigi sensitif disebabkan penumpukan plak gigi, lebih baik tetaplah pilih bulu sikat yang halus. 

Bulu sikat yang kasar bisa saja memicu resesi gusi, mengekspos permukaan akar, dan mengikis enamel (lapisan terluar gigi), sehingga meningkatkan sensitivitas gigi.

Ukuran dan bentuk sikat gigi

Setiap orang pasti memiliki kondisi gigi dan ukuran mulut yang berbeda. Maka itu, pemilihan sikat gigi perlu menyesuaikan dengan kondisi gigi dan mulut Anda. Jika memilih kepala sikat gigi yang kurang sesuai, mungkin saja dapat menyulitkan Anda menjangkau area tertentu sehingga kurang nyaman saat menyikat gigi.

Mengutip laman Web MD, kepala sikat gigi selebar 1,27 cm (setengah inci) dan panjang 2,5 cm (satu inci) lebih banyak dipilih orang dewasa karena paling efektif. Namun, ini bukan jadi tolok ukur saat Anda harus memilih sikat gigi untuk gigi sensitif. 

Anda perlu mencari sikat dengan ukuran yang nyaman sehingga dapat membersihkan area yang sulit dijangkau. Jangan lupa untuk memilih sikat gigi dengan gagang yang panjang, sehingga Anda juga nyaman saat membersihkan gigi.

Kini, Anda sudah tahu cara memilih sikat gigi yang tepat. Supaya selalu terjaga kebersihan dan kesehatannya, selalu ingat untuk memilih bulu sikat yang lembut dan desain sikat gigi yang nyaman untuk merawat gigi sensitif.

Selain pemilihan sikat gigi, ini perawatan gigi sensitif lain yang perlu diingat

Tidak hanya sikat gigi saja, Anda juga perlu memilih pasta gigi yang tepat untuk mengatasi gigi sensitif. Pilih pasta gigi yang spesifik menangani gigi sensitif, untuk meredakan gejala ngilu yang mungkin timbul.

Kandungan tertentu pada pasta gigi, seperti Potassium Nitrate, dapat membantu meringankan gejala gigi sensitif. Kandungan ini dapat melindungi permukaan lapisan gigi luar untuk meredam ngilu pada gigi sensitif.

Diulas juga di dalam Journal of Clinical and Experimental Destinstry, kandungan Potassium Nitrate mampu memberikan perlindungan efektif untuk meredakan ngilu pada gigi sensitif. Peneliti merekomendasikan untuk menyikat gigi dengan pasta gigi sensitif dengan kandungan tersebut dua kali sehari untuk mengurangi gejala.

Untuk menjaga kesegaran mulut, Anda bisa menggunakan pasta gigi dengan kandungan herbal seperti fennel (ekstrak biji adas) dan eucalyptus.

Tak terlepas dari pemilihan pasta gigi, jangan lupa juga terapkan cara menyikat gigi yang benar. Meskipun sudah memilih sikat gigi yang lembut, sebaiknya menyikat gigi pun jangan terlalu kuat. Hal ini bisa meningkatkan risiko penurunan gusi dan mengangkat lapisan terluar pelindung gigi atau enamel.

Selalu ingat, perawatan mulai dari pemilihan sikat gigi dan pasta gigi sensitif tidak hanya menghindari Anda timbulnya rasa ngilu pada gigi Anda, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi.