Berita Kesehatan
Daftar Obat Sakit Tenggorokan yang Diresepkan dan Dijual Bebas
Kamis, 23 Jul 2020 14:53:08

Sakit tenggorokan biasanya disebabkan oleh infeksi virus seperti pilek dan juga flu. Gejalanya meliputi rasa sakit, terbakar, nyeri saat menelan, dan nyeri di bagian leher. Kondisi ini umumnya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 3 hingga 7 hari. Namun, Anda pasti tidak ingin berlama-lama merasakan serangkaian gejala yang tidak nyaman tersebut. Berbagai obat untuk sakit tenggorokan baik yang diresepkan maupun dijual bebas di pasaran dapat membantu meringankan gejala yang sangat mengganggu.

Obat yang diresepkan untuk sakit tenggorokan

Berikut berbagai obat untuk sakit tenggorokan yang biasanya diresepkan dokter:

Antibiotik

Antibiotik biasanya hanya akan diresepkan jika penyebab sakit tenggorokan adalah bakteri. Jika penyebabnya karena virus maka antibiotik bukanlah obat yang tepat.

Biasanya, jika Anda mengalami sakit tenggorokan akibat bakteri, dokter akan meresepkan antibiotik seperti penisilin. Obat yang satu ini memang tidak membuat Anda cepat sembuh tetapi dapat menurunkan risiko infeksi bakteri menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Chloraseptic

Chloraseptic adalah obat semprot dan juga kumur yang biasa diresepkan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Baik obat kumur maupun semprot keduanya biasanya digunakan dan didiamkan selama 15 detik sebelum akhirnya diludahkan.

Hati-hati, jangan sampai Anda menelan obat yang satu ini dan pakailah sesuai petunjuk dokter.

aspirinSumber: Reader’s Digest

Obat bebas untuk sakit tenggorokan

Selain obat yang diresepkan dokter, berikut ini pilihan obat untuk sakit tenggorokan yang dijual di apotek terdekat:

Obat pereda nyeri

Pereda nyeri yang dijual bebas di pasaran seperti Acetaminophen (Tylenol) dapat membantu mengurangi rasa sakit dan juga demam saat Anda mengalami sakit tenggorokan.

Sementara golongan NSAID seperti ibuprofen dan naproxen membantu mengurangi peradangan dan juga menghilangkan rasa sakit. Keduanya sama-sama membantu meringankan gejala nyeri yang muncul saat sakit tenggorokan.

Lozenges

Lozenges atau permen pelega tenggorokan biasanya menjadi pilihan yang cukup efektif mengatasi sakit tenggorokan. Permen pelega tenggorokan yang banyak dijual bebas biasanya mengandung mentol, yaitu salah satu zat yang dapat mematikan sementara jaringan di tenggorokan Anda.

Biasanya sensasi yang ditimbulkan oleh mentol dapat membantu mengurangi sensasi terbakar dan juga nyeri di tenggorokan. Tak hanya itu, lozenges juga membantu merangsang keluarnya air liur sehingga membuat tenggorokan tetap lembap.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.