Berita Kesehatan
Ini yang Perlu Dilakukan Saat Pencegahan Corona Terasa Melelahkan
Jumat, 24 Jul 2020 09:53:34

Tak ada satu orang pun yang akan menebak tahun 2020 menjadi tahun yang cukup berat. Selain bencana alam yang terjadi pada awal tahun, hingga hari ini semua orang tidak bisa dengan bebas pergi keluar rumah.

Ya, sejak ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Maret silam sebagai pandemi, per hari ini sudah tercatat 13,9 juta kasus COVID-19 di seluruh penjuru dunia.

Menurut data dari Worldometer, kini Indonesia menempati urutan ke-26 sebagai negara dengan kasus corona terbanyak. Posisi tersebut hanya satu tingkat di bawah Tiongkok, tempat virus SARS-CoV-2 itu berasal.

Namun, kamu mungkin sudah mulai bosan mendengar tentang COVID-19. Bosan memperhatikannya dan muak dengan semua pemberitaan yang tampaknya tidak kunjung menemui titik terang. Kamu juga merasa bosan dan kurang peduli pada protokol kesehatan yang seharusnya diterapkan. 

Kenyataannya, tidak hanya kamu yang bosan dengan situasi seperti ini. Orang-orang di luar sana juga banyak yang mengorbankan nyawa mereka demi tetap bisa mendapatkan penghasilan.

Jika kamu termasuk orang yang beruntung, yang tidak diminta untuk keluar rumah untuk bekerja, maka tetaplah di dalam rumah. Sebab dengan di rumah saja, hal ini membantu menghentikan penyebaran virus berbahaya ini.

Yang Perlu Dilakukan Saat Lelah dengan Situasi Pandemi

Selagi vaksin belum ditemukan, semua orang terpaksa harus hidup berdampingan dengan virus corona. Kunci agar tidak merasa lelah menerapkan berbagai protokol kesehatan adalah dengan keseimbangan.

Kamu juga dapat membantu diri sendiri mengelola kelelahan akibat kewaspadaan dan menjaga kesehatan dengan strategi berikut ini:

  • Ingatlah, Protokol Kesehatan Masih Layak Dilakukan

Banyak orang yang mungkin sudah tidak sabar untuk kembali pergi ke pusat kebugaran untuk kembali mendapatkan tubuh ideal. Beberapa pusat olahraga memang sudah buka, begitu juga dengan arena fasilitas olahraga publik lainnya. Namun, bukan berarti tempat-tempat tersebut bebas dari virus corona.

Sayangnya, kita tidak bisa melihat wujud fisik dari virus ini, jadi selagi wilayahmu masih memiliki kasus yang tinggi, tetaplah hindari keramaian jika tidak diperlukan. Pakailah masker, melakukan physical distancing, dan cuci tangan dengan sabun secara rutin masih perlu dilakukan.

Ingat, kamu tidak perlu menunggu hingga salah satu dari anggota keluarga terjangkit virus ini. Pastikan kamu dan keluarga di rumah menerapkan protokol kesehatan hingga virus ini benar-benar sudah musnah dari bumi. 

  • Berhenti Merasa Stagnan

Pemerintah, petugas kesehatan, dan semua lembaga yang kini menjalankan tugas menyingkirkan virus corona hanya ingin kamu dan semua orang sehat. Jadi, berhentilah merasa stagnan dengan kondisi yang ada sekarang.

Jika kamu merasa berat badan naik akibat sudah tidak pergi ke gym, coba lakukan olahraga dari rumah. Jika kamu merasa stres tidak pernah bertemu lagi dengan teman dan kerabat, manfaatkan teknologi untuk menyapa mereka.

Intinya, lakukan hal-hal yang aman dan kamu sukai untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Buat keputusan berdasarkan data dan bukan menebak-benak berdasarkan firasat atau rasa takutmu. Jika kamu diperbolehkan untuk mengunjungi tempat makan, tidak akan ada yang melarang kamu jika kamu menerapkan aturan baru yang diterapkan 

Semua orang pasti ingin pandemi ini segera berakhir, namun ini tidak akan terjadi jika kita tidak ikut ambil bagian dalam upaya pencegahan penularan COVID-19. Oleh karena itu, pastikan kamu mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.