Berita Kesehatan
Berbagai penyebab mimisan yang perlu Anda tahu
Selasa, 08 Sep 2020 14:55:57

Keluarnya darah dari hidung pasti membuat Anda panik. Walaupun umumnya mimisan bisa diatasi dengan mudah, tapi bukan berarti Anda boleh menyepelekannya begitu saja. Pasalnya, mimisan bisa jadi tanda dan gejala dari penyakit serius. Salah satunya kanker. Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang macam-macam penyebab mimisan, dan kapan Anda harus waspada!

Berbagai penyebab mimisan yang perlu Anda tahu

Mengetahui apa yang menyebabkan Anda mimisan itu penting, agar Anda bisa cepat memutuskan apakah kondisi tersebut masih bisa diatasi sendiri atau perlu penanganan medis dari dokter.

Berikut berbagai penyebab mimisan dari yang paling umum sampai yang perlu diwaspadai.

1. Mengupil

Hayo… Siapa dari Anda yang suka iseng ngupil pakai jari? Meski membuat hidung jadi lebih lega, kebiasaan ini bisa membuat mimisan, lho! Apalagi jika dilakukan dengan jari yang kukunya panjang. Kuku bisa menggores lapisan dinding dalam hidung yang sangat tipis dan mengenai pembuluh darah teratasnya, sehingga mimisanlah akibatnya. Ini merupakan penyebab mimisan yang paling umum terjadi.

Cara menbersihkan hidung yang baik dan benar adalah dengan membasahi rongga dalam hidung lebih dahulu dengan air. Kotoran hidung yang lembap akan lebih mudah untuk dikeluarkan.

2. Udara kering

Hidung memiliki pembuluh yang sangat sensitif. Udara kering dapat menyebabkan lapisan hidung ikut mengering hingga retak dan akhirnya berdarah. Selain itu, perubahan suhu dari lingkungan luar yang lembap ke dalam rumah yang lebih hangat dan kering akan membuat hidung lebih rentan mimisan.

Anda bisa menyiasati udara lingkungan yang kering dengan menyetel humidifier di dalam ruangan.

3. Menggunakan obat pengencer darah

Obat nyeri NSAID seperti aspirin atau ibuprofen memiliki efek samping mengencerkan darah. Ada pula obat yang memang diresepkan sebagai pengencer darah (obat antikoagulan), seperti warfarin atau heparin.

Obat-obatan tersebut bekerja mencegah pembekuan darah sehingga menyebabkan Anda mudah mimisan, yang kadang bahkan sulit untuk dihentikan. Konsultasikan dengan dokter untuk memberikan jenis obat yang lain supaya Anda tidak lagi sering mimisan.

4. Kondisi atau penyakit tertentu

Ada banyak kondisi atau penyakit yang gejalanya adalah sering mimisan, antara lain:

  • Penyakit hati (liver).
  • Penyakit ginjal.
  • Kecanduan alkohol.
  • Hipertensi.
  • Pilek, flu, sinusitis, atau alergi.
  • Kanker (kanker hidung dan tenggorokan/karsinoma nasofaring, leukimia, limfoma).

Jika Anda sering mimisan lebih dari satu kali dalam sehari, segera cek ke dokter untuk mendapat diagnosis dan pengobatan yang tepat agar tidak bertambah parah.