Berita Kesehatan
Jangan Sepelekan Mimisan pada Anak, Waspadai Penyebabnya
Kamis, 15 Okt 2020 11:55:02

Orang tua mana yang tidak panik ketika melihat mimisan pada anak terjadi. Mimisan adalah proses keluarnya darah dari hidung yang disebabkan karena adanya kebocoran di pembuluh darah di dalam hidung. Ini baik yang berada di depan maupun dalam. Adapun beberapa penyebab mimisan pada anak yang perlu Anda waspadai.

Sebelum mengetahui penyebabnya, Anda patut mengetahui kondisi mimisan terlebih dahulu. Mimisan merupakan satu dari kelainan telinga, hidung, dan tenggorok (THT) yang paling sering dijumpai di rumah sakit. Mimisan dapat terjadi pada siapa saja termasuk anak kecil. 

Penyebab mimisan pada anak

Menurut dr. Dejandra Resnaya dari KlikDokter, mimisan merupakan kondisi yang lumrah terjadi pada anak telah memasuki usia sekolah. Meski begitu, penyebab anak mimisan pun perlu diwaspadai karena ini bisa menjadi ada yang salah dengan kondisi kesehatan anak. 

Umumnya, mimisan akan keluar melalui kedua lubang hidung dan banyaknya darah yang keluar akan bervariasi.  Biasanya, darah akan berhenti dengan sendirinya dalam waktu 10 menit atau kurang. 

“Hidung kering merupakan alasan paling umum seorang anak mimisan. Meningkatnya suhu lingkungan sekitar, mampu membuat hidung seorang anak jadi kering dan tidak lembap. Kalau anak banyak beraktivitas di luar sekolah dan di dalam kondisi cuaca yang panas, mimisan pasti akan lebih mungkin terjadi,” ujar dr.Dejandra. 

“Bagian dalam hidung akan jadi mengering dan mengeras, sehingga anak jadi mengorek dan bisa menimbulkan pendarahan,” tambah dr. Dejandra. 

Selain itu, anak yang punya alergi juga biasanya lebih mudah untuk mimisan. Apalagi jika alerginya disertai dengan pilek. Kondisi ini dapat menimbulkan hidung mampet yang cukup mengganggu. 

Tidak sedikit anak yang berusaha untuk mengeluarkan kotoran dan lendir secara paksa. Ketika anak melakukan hal ini, pembuluh darah kecil yang ada di dalam hidung bisa pecah dan menimbulkan pendarahan.