Berita Kesehatan
Ini Waktu yang Tepat Mengajarkan Anak Gosok Gigi
Sabtu, 28 Apr 2018 09:59:43

Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah salah satu aspek penting yang harus dijaga semua usia, tak terkecuali anak-anak. Namun, mengajarkan kebersihan rongga mulut pada anak-anak bukanlah sesuatu yang mudah. Padahal, semakin awal Anda mengajarkan kebiasaan ini, semakin mudah anak melakukannya sebagai rutinitas. Lalu, kapan waktu yang tepat mengajarkan anak gosok gigi?


Seperti dilansir dari Dokter Sehat, perawatan gigi anak sebaiknya dimulai sejak gigi pertamanya tumbuh. Saat gigi pertamanya tumbuh, Anda bisa mengelapnya dulu dengan kain yang bersih dan agak basah. Ketika nanti gigi pertama mulai tumbuh sempurna, Anda bisa mulai menyikat gigi anak Anda.


Namun, beberapa dokter juga ada yang menyarankan agar anak mulai menyikat gigi sejak empat gigi pertamanya tumbuh. Sebagian lagi menyarankan untuk menunda hingga anak berusia dua sampai tiga tahun.


Saat Anda mulai mengajarkan menggosok gigi pada anak, teruslah dampingi prosesnya, sampai anak bisa berkumur dan meludah tanpa bantuan. Pendampingan ini biasanya dilakukan hingga usia enam tahun. Setelah usia tersebut, anak sudah bisa dibiarkan menyikat gigi secara mandiri.


Bila sudah dibiasakan sejak usia dini, maka semakin mudah juga mengajarkan anak menggosok gigi secara rutin. Supaya kebiasaan menggosok gigi menjadi kebiasaan, Anda juga harus memberikan contoh dengan rajin menggosok gigi.


Ada hal yang harus menjadi catatan saat mengajarkan anak gosok gigi. Agar kebiasaan menggosok gigi lebih menyenangkan bagi anak, Anda jangan terlalu memaksakan teknik menggosok gigi yang benar. Setelah kebiasaan tersebut mulai terbentuk, Anda dapat mengajarkan teknik menggosok gigi yang tepat secara bertahap. Dengan membiasakan gosok gigi sejak dini Anda tidak perlu terlalu khawatir terhadap kesehatan gigi dan mulut buah hati.